Polda Kepri Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu Rp6 Miliar

Diterbitkan oleh pada Kamis, 3 Desember 2015 08:22 WIB dengan kategori Kepri Terkini dan sudah 469 kali ditampilkan

BATAM - Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri menangkap dua orang yang membawa sabu seberat 4,250 kilogram senilai Rp6 miliar dari Malaysia tujuan Batam melalui pelabuhan tidak resmi di Teluk Mata Ikan, Nongsa.



"Petugas mengamankan keduanya R dan J pada 28 Oktober sekitar pukul 00.10 WIB. Mereka masuk bersama TKI yang pulang ke Indonesia melalui Batam," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Kepri Kombes Pol Wiyarso saat ekspos di Batam, Rabu.

Barang bukti yang diamankan tersebut terdiri dari satu bungkus serbuk kristal yang dibungkus dengan plastik bening seberat 3,300 kilogram. Selanjutnya satu bungkus dalam plastik bening seberat 950 gram.

 Selain itu juga diamankan sebuah tas, telepon genggam, satu buku paspor Republik Indonesia dengan nomor B0819611.

"Status keduanya kurir. Mereka hendak membawa sabu tersebut ke Madura melalui jalur laut dari Kijang Pulau Bintan. Kami juga masih mengejar S yang memberikan barang tersebut di Malaysia," kata dia.

Wiyarso juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Polisi Diraja Malaysia untuk mengungkap jaringan tersebut.

"Kami akan segera berkoordinasi. Mengingat barang-barang ini berasal dari Malaysia dan DPOnya juga disana," kata dia.

Atas perbuatannya, keduanya dikenakan Pasal 114 ayat 2 dan atau Pasal 113 ayat 2 dan atau Pasal 112 ayat 2 dan atau Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Ancaman maksimalnya hukuman mati," kata Wiyarso.(ANT)