Gula Untuk Obati Perihnya Luka

Diterbitkan oleh pada Rabu, 16 Desember 2015 09:35 WIB dengan kategori Konsultasi Kesehatan dan sudah 1.334 kali ditampilkan

Tanpa sengaja terkena benda tajam seperti pisau atau pecahan kaca membuat Anda panik dan segera meredamnya dengan obat antiseptik.

 

Atau bila Anda merasa obat tersebut cukup membuat luka semakin perih, Anda hanya membasuhnya dengan air.

Namun, ada cara alami yang dapat menghindari Anda dari perih sayatan luka tersebut. Dilansir dalam laman Our Vanity Rabu (16/12) gula ternyata tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pemanis makanan atau minuman.

Gula bisa Anda gunakan sebagai obat alami menyembuhkan luka tanpa perih. Hal ini sudah dibuktikan oleh dokter Moses Murandu yang telah meneliti selama enam bulan terhadap 21 pasien Selly Oak Hospital, Birmingham.

Caranya, dia menaruh gula pada luka yang menganga. Menaruh bakteri pada luka ternyata dapat membunuh bakteri tersebut dan mencegah mereka berkembang biak. Sehingga meletakkan gula di atas luka cepat membuatnya kering.

Hal ini terjadi karena bakteri hidup dari air lengket pada luka. Sementara gula bekerja menyerap air dari luka tersebut. Sehingga bakteri tidak dapat berkembang, dan menyebabkan luka cepat mengering. Berbeda dengan garam, gula tidak memberikan rasa perih pada luka. Sehingga cara ini mudah diterapkan.

 

Sumber