Jumlah Eks Gafatar di Riau Capai 259 Orang

Diterbitkan oleh pada Selasa, 2 Februari 2016 07:10 WIB dengan kategori Pekanbaru dan sudah 632 kali ditampilkan

PEKANBARU (RIAU) - Jumlah mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Riau terus bertambah. Sebelumnya, hanya sekitar 152 orang, saat ini jumlah tersebut bertambah menjadi 259 orang.


"Barusan kita mendapat informasi, jumlah Gafatar dari Riau bertambah 107 orang lagi. Sebelumnya hanya 152 orang," kata Syarifuddin, Kepala Dinas Sosial Riau kepada riauterkinicom di Gedung DPRD Riau, Senin (01/02/16).

Meskipun demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah jumlah 107 tersebut benar-benar warga Riau. Saat ini pihaknya masih menelusuri keaslian informasi tersebut sekaligus mendalami apakah masih ada penambahan warga Riau yang terlibat dalam Gafatar.

"Kita belum bisa pastikan, apakah yang 107 itu memang warga Riau atau tidak, itu yang sedang kita telusuri. Memang infonya seperti itu, mereka berasal dari Riau," ungkapnya.

Di samping itu sebutnya, dari 152 orang mantan anggota Gafatar dari Riau, 7 orang sudah dijemput keluarganya dari Jakarta, 107 orang belum terdata secara keseluruhan. Menurutnya, pendataan ini menjadi tugas prioritas pihaknya saat ini.

"152 itu terdiri dari Pekanbaru sebanyak 115 orang, Dumai 5 orang, Inhu 6 orang, Kampar 18 orang serta ada 8 orang yang sedang dalam proses pendataan. Di luar yang 7, saat ini mereka sedang berada di Jakarta," ujarnya.

Berbagai upaya terus dilakukan pihaknya agar mantan anggota Gafatar tersebut mau diajak pulang ke Riau. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melaporkan informasi terbaru soal Gafatar ini ke Plt gubernur Riau. 

"Jika mereka mau pulang, kita akan serahkan mereka ke pemerintah kabupaten/kota yang bersangkutan untuk kemudian diteruskan ke kecamatan atau desa mereka. Pembekalan agama, wawasan kebangsaan mesti diberikan kembali kepada mereka," tutupnya. ***(riauterkini/ary/Rafi).