Ilmuwan India Klaim Telah Temui Vaksin Virus Zika

Kamis, 4 Februari 2016 10:42 WIB
388x ditampilkan Internasional

Sejumlah ilmuwan India di laboratorium Hyderabad mengatakan mereka telah menemukan vaksin pertama di dunia untuk mengobati virus zika.



Badan Kesehatan Dunia pekan lalu mengatakan dunia dalam kondisi darurat zika setelah lebih dari 20 negara di Amerika Latin dilaporkan terpapar wabah virus yang bisa membuat kelainan pada bayi baru lahir itu.

Di saat para ilmuwan tengah berusaha menemukan vaksin bagi virus itu, ilmuwan India di Bharat Biotech International Limited mengatakan telah mematenkan vaksin virus zika, seperti dilansir NDTV.com, Rabu (3/2).

"Soal zika, kami barangkali perusahaan vaksin pertama di dunia yang akan mematenkan kandidat vaksin bagi virus ini sembilan bulan lalu," kata Dr Krishna Ella, direktur Bharat Biotech Ltd.

Perusahaan vaksin itu bahkan menyatakan mereka telah menemukan dua kandidat vaksin untuk virus zika. Namun mereka belum mencobanya pada hewan atau manusia. Ella menuturkan mereka masih mencari dukungan pemerintah untuk melangkah lebih jauh.

"Kami baru saja diinformasikan soal kandidat vaksin zika yang temukan oleh Bharat Biotech. Kami akan mengujinya secara ilmiah dan melihat kemungkinannya sebagai obat," ujar Dr Soumya Swaminathan, direktur dari Dewan Penelitian Medis India (ICMR).

Menurut Dr Ella, perusahaannya bisa membuat sebanyak satu juta dosis vaksin zika dalam waktu empat bulan.


(merdeka)