Bandara Hang Nadim Masih Normal Jelang Imlek

Diterbitkan oleh pada Jumat, 5 Februari 2016 08:34 WIB dengan kategori Batam dan sudah 1.144 kali ditampilkan

BATAM - Jumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam masih normal menjelang Tahun Baru Imlek 2567 yang akan dirayakan pada 8 Februari 2016.

 

"Hari ini masih sepi. Belum ada peningkatan penumpang yang hendak mudik Imlek ke sejumlah wilayah seperti Medan, Pontianak," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Kamis.

 

Ia mengatakan, peningkatan diperkirakan akan terjadi pada jalur penerbangan Batam ke Medan, Pontianak, dan Pangkal Pinang. Untuk daerah lain diperkirakan tetap normal seperti hari-hari biasa.

 

"Jika melihat kondisi tahun-tahun sebelumnya, potensi peningkatan hanya pada tiga wilayah itu. Itupun tidak sampai ada penambahan penerbangan ekstra. Cukup dengan jadwal yang ada," kata dia.

 

Untuk penerbangan tujuan Pontianak Kalimantan Barat dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam dilayani maskapai Lion Air satu kali sehari. Tujuan Pangkal Pinang dilayani oleh Maskapai Wings Air.

 

Sedangkan untuk tujuan Bandara Kualanamu Medan Sumatra Utara, Lion Air melayani sehari sebanyak enam kali sehari, Citilink dua kali sehari, satu penerbangan Garuda Indonesia, dan satu penerbangan dilayani maskapai Nam Air.    

 

"Mulai Jumat atau Sabtu kemungkinan baru akan ada kenaikan, meskipun tidak sesignifikan saat musim mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun tetap akan terjadi kenaikan pada tujuan-tujuan tersebut," kata Suwarso.

 

Selain Bandara Internasional Hang Nadim Batam, saat mudik Pelabuhan Dmestik Sekupang juga dipadati pemudik yang hendak merayakan Imlek di kampung halaman.

 

Pelabuhan domestik terbesar di Batam tersebut memiliki jalur pelayaran pada sejumlah pulau di Kabupaten Karimun dengan penduduk keturunan Tionghoa berjumlah banyak.

 

Pelabuhan tersebut juga melayani pelayaran ke sejumlah wilayah di Provinsi Riau seperti Selat Panjang (Meranti), Dumai, Pekanbaru. Pelabuhan itu juga melayani pelayaran ke Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. 


(ant)