Pasca Gempa 7,8 SR, Warga di Mentawai dan Padang Kembali Beraktivitas Normal

Kamis, 3 Maret 2016 09:50 WIB
324x ditampilkan Nasional

Gempa bumi berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (2/3) malam, membuat panik warga di Kota Padang. Namun pagi ini warga sudah kembali ke rumah masing-masing dan beraktivitas seperti biasa.



"Kondisi pagi ini sudah kondusif. Masyarakat sudah kembali ke rumah semuanya dan aktivitas normal," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, R Pagar Negara saat dihubungi detikcom, Kamis (3/3/2016) sekitar pukul 08.20 WIB.

Sementara itu, Pagar mengatakan memang masih sulit untuk berkomunikasi dengan warga ataupun otoritas di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Namun informasi terakhir yang diterima Pagar, masyarakat di Mentawai yang sempat mengungsi ke wilayah yang lebih tinggi kini semuanya sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Kalau komunikasi (telepon seluler) memang masih terkendala. Kami komunikasi menggunakan alat radio, jadi bisa langsung komunikasi dengan mereka di pulau-pulau Kabupaten Mentawai. Saat ini warga semuanya sudah kembali ke rumah masing-masing," kata Pagar.

Tidak ada laporan korban jiwa ataupun luka akibat kejadian gempa ini. Juga tidak dilaporkan adanya kerusakan.