Australia Bantu Desain Halte Trans Jakarta

Diterbitkan oleh Saiful pada Jumat, 4 Maret 2016 05:40 WIB dengan kategori Jakarta dan sudah 584 kali ditampilkan

Pemerintah Australian melalui organisasi Australian Agency for International Development (AusAID) memberikan bantuan desain halte TransJakarta ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka memberikan desain seperti shelter di Brisbane, Australia.


 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, kerja sama dilakukan untuk merenovasi sejumlah halte TransJakarta di Ibu Kota.
 
"Mereka beri bantuan kita desain shelter seperti apa. Bukan bantuan dana," kata Ahok, sapaan Basuki di Kantor TransJakarta, Jalan Mayjend Sutoyo, Jakarta Timur, Kamis (3/3/2016).
 
Salah satu proyek konstruksi desain yang dibantu oleh AusAID adalah desain depo bus TransJakarta Cawang. AusAID mendesain depo tersebut sesuai dengan desain sejumlah shelter di Brisbane, Australia.
 
Tak hanya itu, desain halte busway lain yang disiapkan adalah halte Ragunan dan halte sistem park and go seperti di Pusat Grosis Cililitan (PGC). Rencananya, depo dan halte tersebut sudah bisa digunakan.
 
"Kita mulai pengerjaan sekarang dan mudah-mudahan bisa diresmikan sembilan bulan ke depan," kata Ahok.
 
Dirut PT TransJakarta Budi Kaliwono mengatakan, AusAID juga memberi bantuan tenaga ahli yang didatangkan dari Australia. Mereka bertindak sebagai pemberi arahan sistem transportasi bus yang ada di Australia.
 
"Mereka (AusAID) mengirimkan ekspart buat bantu kita di sini. Ada 10 orang yang bertugas," kata Budi.