Kinerja Sektor Pertanian Riau Melambat

Diterbitkan oleh pada Kamis, 24 Maret 2016 19:12 WIB dengan kategori Pekanbaru dan sudah 848 kali ditampilkan

PEKANBARU (RIAU) - Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Ismet Inono mengatakan bahwa Kinerja sektor pertanian di triwulan I 2016 diperkirakan akan melambat dibanding triwulan IV tahun 2015.



Menurutnya, faktor pendorong melambatnya laju kinerja sektor pertanian itu tidak lain berasal dari sub sektor perkebunan kelapa sawit, akibat tertundanya pemupukan karena kondisi asap. Sehingga pemupukan baru bisa dilakukan sebagian besar perusahaan pada triwulan IV tahun lalu.

"Sehingga hal itu menyebabkan kurang optimalnya produksi sawit pada triwilan I 2016," tambah Ismet.

Disisi lain, dia menyebutkan meningkatknya permintaan domestik crude palm oil atau CPO setra mulai berprokdusinya lahan replanting atau peremajaan kembali, akan menahan laju perlambatan sektor pertanian. Hal itu tentu sejalan pula dengan penurunan kinerja sektor petanian dan pertambangan serta sektor penggalian di Riau.

Perkembangan sektor industri pengolahan diperkirakan akan melambat didorong oleh menurunnya kinerja industri pengilangan Minyak dan Gas (Migas) dan batubara. Serta melambatnya pertumbuhan industri pengolahan CPO dan industri bubur kertas.***(riauterkini/H-we)