Nila Farid Moeloek Gagal di Era SBY, Berhasil di Era Jokowi

Diterbitkan oleh pada Selasa, 12 April 2016 06:54 WIB dengan kategori Profil dan sudah 849 kali ditampilkan

Nila Farid Moeloek, wanita kelahiran Jakarta 11 April 1949 yang kini berusia 65 tahun ini resmi ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam Kabinet Kerja Jokowi JK untuk periode 2014-2019.

Mengambil pendidikan jenjang sarjana di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dirinya kemudian melanjutkan pendidikan spesialis mata serta mengikuti program sub-spesialis di International Fellowship di Orbita Centre, University of Amsterdam, Belanda dan di Kobe University, Jepang. Nila Moelok pun melanjutkan pendidikannya di Pendidikan konsultan Onkologi Mata program Doktor Pasca-Sarjana di FKUI.

Terkait karirnya sendiri, sosok wanita satu ini tercatat pernah menjadi Ketua umum Dharma Wanita Persatuan Pusat periode 2004-2009, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami), dan Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) periode 2011-2016. Selain itu, Nila juga aktif mengajar di program doktor pasca sarjana Fakultas Kedokteran UI serta menjadi dokter mata di RSCM.

Istri Farid Anfasa Moelok, Menteri Kesehatan di era presiden B.J. Habibie pada 1997 hingga 1999 ini sebenarnya sudah menjadi kandidat menteri kesehatan di kabinet Indonesia Bersatu II. Sayang, dirinya gagal menjadi Menteri Kesehatan di era kepemimpinan SBY.

Tak memilihnya sebagai Menteri Kesehatan, Susilo Bambang Yudhoyono kala itu mendapuk ibu tiga anak ini sebagai utusan khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals yang bertugas menurunkan kasus HIV-AIDS dan angka kematian ibu dan anak.

Riset dan analisa oleh Dwi Zain Musofa

PENDIDIKAN
  • Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
  • Program Pendidikan Dokter Spesialis Mata dan Program sub-spesialis di International Fellowship di Orbita Centre, University of Amsterdam, Belanda dan di Kobe University, Jepang
  • Pendidikan konsultan Onkologi Mata dan Program Doktor Pasca-Sarjana di FKUI

 

KARIR
  • Menteri Kesehatan Indonesia Ke-20
  • Dokter Mata di RSCM
  • Ketua umum Dharma Wanita Persatuan Pusat (2004-2009)
  • Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami)
  • Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) periode 2011-2016
SOCIAL MEDIA
Twitter : https://twitter.com/NilaMoeloek