Nurdin Basirun Belum Pikirkan Pendampingnya

Jumat, 15 April 2016 16:26 WIB
928x ditampilkan Kepri Terkini

TANJUNGPINANG (Kepri) - Wakil Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menyatakan masih terlalu dini untuk membicarakan pengganti kepala daerah setelah Gubernur Kepri Muhammad Sani meninggal dunia, pada Jumat (8/4).


"Saya tidak bisa bicara itu. Jangan tanya itu, masih terlalu dini," kata Nurdin Basirun usai membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah Kepri di Batam, Kamis.

Berdasarkan Pasal 26 ayat (3) UU 12/2008, wakil kepala daerah menggantikan kepala daerah sampai habis masa jabatannya apabila kepala daerah meninggal dunia, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya selama enam bulan secara terus menerus dalam masa jabatannya. Dengan begitu, Nurdin akan menggantikan Muhammad Sani sebagai Gubernur Kepri.

Kemudian, untuk jabatan Wakil Gubernur akan ditentukan oleh partai pengusung.

Saat ditanya tentang figur wakil gubernur yang diinginkannya, Nurdin juga menolak untuk menjawab.

Ia mengatakan belum mau memikirkan posisi pasangan kepala daerah.

"Saya belum mau pikir itu, sekarang saya kerja dulu. Ada banyak pekerjaan," katanya.

Sama dengan Wagub, pengamat politik dari Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, Bismar Arianto, mengatakan saat ini belum pantas membahas sosok yang akan menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepulauan Riau jika Nurdin Basirun dilantik sebagai gubernur.

"Gubernur Kepri HM Sani baru beberapa hari meninggal dunia, secara moral tidak pantas dibahas siapa yang akan dilantik sebagai wakil gubernur setelah Nurdin Basirun menggantikan posisi Sani," ujarnya.

Dia juga mengatakan proses administrasi penetapan hingga pelantikan Nurdin sebagai Gubernur Kepri juga membutuhkan waktu cukup lama. Karena itu, saat ini belum pantas dibahas siapa yang akan menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepri.

Sementara itu, Partai Demokrat juga belum membicarakan rencana penggantian pasangan kepala daerah Provinsi Kepulauan Riau setelah pada Jumat (8/4) Gubernur Kepri Muhammad Sani meninggal dunia.

"Belum ada pembicaraan di partai, belum lah," kata Ketua DPC Partai Demokrat Kota Batam Muhammad Rudi.

Ia tidak menampik, Partai Demokrat memiliki peluang besar mengusulkan nama calon wakil gubernur, mengingat partai itu pengusung terbesar pasangan Sani-Nurdin dalam Pilkada Kepri 2015.

Namun, katanya, ada banyak tokoh dalam Partai Demokrat, selain dirinya, juga ada Ketua DPD Partai Demokrat Kepri, Apri Sujadi. (ANTARA)