Gencar Tindak Semua Hal Berbau Komunisme, Kapolri: Supaya Enggak Kebablasan

Kamis, 12 Mei 2016 11:11 WIB
249x ditampilkan Nasional

Gencar Tindak Semua Hal Berbau Komunisme, Kapolri: Supaya Enggak Kebablasan

"Ini kan sudah muncul beberapa fenomena. Baik penggunaan atribut, diskusi, perkumpulan yang bertemakan komunisme," kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti usai menghadiri FGD di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/2016).

"Hampir semuanya," sambungnya saat ditanya wilayah mana saja yang dominan terkait indikasi penyebaran atribut dan paham PKI.

Jika kepolisian tidak menyikapi fenomena ini, menurut Badrodin, dikhawatirkan masyarakat akan bertindak dengan main hakim sendiri.

"Oleh karena itu, polisi dengan instrumen hukum yang ada, kita melakukan tindakan supaya enggak kebablasan dan enggak dimanfaatkan pihak tertentu," ujarnya.

Kapolri menjelaskan, tindakan yang diambil kepolisian soal komunisme ini sesuai dengan aturan hukum yang ada. Misalnya, orang yang memakai kaos palu arit dan lainnya akan diamankan untuk ditelusuri apa motifnya.

"Kan sudah beberapa kita tangani dan kita periksa. Tentu materinya apakah itu termasuk bagian dari penyebaran paham (komunisme) itu atau enggak. Penafsirannya oleh ahli," ucapnya.Ya

"(Pedagang) Ya sama saja, semua yang kedapatan. Tindakan hukum disesuaikan denga ketentuan hukumnya. Kalau memenuhi unsur ya ancaman hukumannya 10 tahun," urainya.

Saat ditanya bagaimana dengan buku-buku yang berisi paham komunisme, Kapolri mengatakan pihak kejaksaan yang akan menyeleksi buku-buku itu.

"Ya diserahkan ke kejaksaan untuk diteliti bisa saja," sambungnya saat disinggung apakah buku buku itu diperbolehkan atau dilarang juga.(dtk)