Keluarga Punya Peran Penting Cegah Kekerasan Seksual Anak

Diterbitkan oleh Redaksi pada Rabu, 18 Mei 2016 16:02 WIB dengan kategori Kepri Terkini dan sudah 918 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG - Anggota DPRD Kepulauan Riau Daerah Pemilihan (Dapil) Batam Suryani menilai peran keluarga sangat penting dalam mencegah kekerasan seksual anak dan kenalakan remaja. Dia menilai kasus-kasus kekerasan seksual anak maupun kenalakan remaja seperti gunung es setelah kasus yang menimpa Yuyun dan anak-anak Indonesia pada umumnya.

"Kasus-kasus kekerasan seksual terhadap anak dan remaja semakin mengkhawatirkan setelah kasus Yuyun di Bengkulu dan terungkap juga kasus-kasus serupa diberbagai daerah ini seperti gunung es dan kondisi ini sangat darurat untuk diperbaiki, saya pikir negara harus memprioritaskan masalah ini dengan menguatkan peran keluarga," kata Suryani.
 
 
Menurut politisi PKS ini keluarga dan lingkungan memiliki peran penting dalam mencegah terjadi kekerasan seksual terhadap anak dan termasuk masalah-masalah sosial yang dihadapi anak lainnya.
 
 
"Di Kepri saya pikir kondisinya juga tidak jauh berbeda, harus ada upaya-upaya agar kasus seperti ini tidak terus terjadi. Fungsi keluarga harus dikuatkan peran ayah dan ibu sangat menentukan dalam memilihkan teman atau lingkungan yang baik serta mengontrolnya, membatasi dan mendampingi anak dalam mengakses media serta penanaman nilai akhlak mulia juga sangat penting," kata Suryani.
 
 
Dalam hal ini, dia juga berharap Pemprop Kepri sebaiknya mengusulkan Raperda tentang ketahanan keluarga sebagai salah satu payung hukum untuk melindungi anggota keluarga termasuk anak-anak serta mengawal implementasinya di tingkat RT/RW dan sanksi yang tegas kepada pelaku kekerasan anak sehingga menimbulkan efek jera.