Bupati Maros Buka Pelatihan Pemantau Kemajuan Sekolah Bagi Pengawas

Diterbitkan oleh Kasmadi pada Selasa, 24 Mei 2016 13:13 WIB dengan kategori Makassar dan sudah 934 kali ditampilkan

MAROS - Bupati Maros, M. Hatta Rahman, dalam pembukaan pelatihan Pemantuan Kemajuan Sekolah bagi Pengawas Sekolah yang dilakukan oleh Pemda Maros yang bekerjasama dengan USAID PRIORITAS mengungkapkan bahwa diparuh kedua terangkat menjadi bupati tahun 2016 ini, dia lebih berorientasi pada pembangunan sumber daya manusia atau non-fisik dibanding pembangunan fisik.

“Saya sangat mendukung program peningkatan kualitas  pengawas seperti ini karena  terkait langsung dengan peningkatan sumber daya manusia di bidang pendidikan,” ungkap dia pada terkininews.com (24/05/2016).

Di hadapan 73 peserta pelatihan yang kebanyakan merupakan pengawas sekolah dasar dan menengah Maros tersebut, bupati menyatakan bahwa para pendidik harus melakukan banyak kreasi dan inovasi, tanggap terhadap kebutuhan dan permasalahan yang ada di sekolah. “Kita tidak bisa mengejar negara maju dengan berlari dengan kecepatan yang sama, pasti akan terus ketinggalan", tandasnya.

Lebih lanjut dia berharap pendidik harus melakukan lompatan-lompatan kreatif agar pendidikan semakin maju,” harapnya.

Pada pelatihan yang dilakukan di Hotel Transit II ini, bupati juga menyatakan komitmennya  menggunakan dana APBD untuk melanjutkan program pendidikan USAID PRIORITAS yang berlangsung sejak akhir  2013 dan direncanakan berakhir tahun 2017.

“Yang dilatih harus betul-betul mengimplementasikan. Kalau tidak, berarti itu dosa dan melanggar amanah,” umgkap dia.

Bahkan untuk meningkatkan mutu SDM kabupaten Maros bupati Juga berencana bekerjasama dengan kursus-kursus ketrampilan dan akan digratiskan bagi warga Maros yang membutuhkan. “Kita memerlukan  pendidikan berkualitas dan ketrampilan yang memadai untuk menghadapi MEA dan arus globalisasi,” ujarnya.

Handoko Widagdo, Spesialis Pengembangan Sekolah USAID PRIORITAS Jakarta, menyatakan  bahwa  dengan modul baru ini para pengawas yang dilatih saat mengawas diharap nanti tidak cuma mencari data dan informasi, tapi benar-benar bisa memberikan solusi masalah-masalah di sekolah  mendorong inovasi dan menyebarkan inovasi tersebut dan praktik baik ke sekolah lain.

Pelatihan akan dilaksanakan selama dua hari (24-25 Mei). Para pengawas tidak hanya dilatih secara konsep, mereka juga langsung praktik mengawasi dan menilai pembelajaran di tujuh sekolah di Maros. Hadir juga dalam pelatihan spesialis-spesialis USAID PRIORITAS dari tujuh provinsi mitra USAID PRIORITAS dan juga perwakilan dari UNM dan UIN Alauddin.