Saat Ramadhan, Ahok Ingin PNS Pulang Lebih Cepat

Diterbitkan oleh Redaksi pada Selasa, 31 Mei 2016 14:13 WIB dengan kategori Jakarta dan sudah 618 kali ditampilkan

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginginkan agar PNS di lingkungan Pemprov DKI dapat pulang bekerja pada pukul 14.00 WIB. Namun ia berharap jam kerja dimajukan lebih awal.

Basuki alias Ahok menceritakan kebiasan di Belitung Timur itu sehabis sahur, umat Muslim yang bekerja tidak tidur. Tetapi ia menilai warga Jakarta ada yang memilih tidur seusai sahur. Menurutnya jika sehabis sahur pekerja langsung berangkat ke kantor maka jam kerja lebih baik dimajukan.

"Orang sehabis sahur itu, langsung shalat subuh, kemudian tidak tidur lagi. Nah, lebih baik langsung pagi sekalian, pulangnya cepet. Saya kan temennya Muslim, banyak," katanya kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (31/5).

Ia merasa lebih baik PNS sudah berada di ruumah jelang berbuka puasa. Tujuannya agar bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga sekaligus menonton sajian acara ramadhan di televisi.

"Paling enak kalau menjelang buka puasa itu sore sudah di rumah. Nah kamu majuin setengah jam. Efeknya apa? Dulu masuk setengah 8. Kamu bikin jam 8. Enggak ada efek. Mendingan tetep masuk setengah 8, atau lebih pagi jam 7. Tapi pulangnya jam 2. Enak kan," ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, bila pulang lebih awal, bagi PNS yang perempuan dapat menyiapkan makanan berbuka puasa untuk keluarganya. Dan yang laki-laki dapat berbuka puasa bersama keluarga.

"Jam 2 bisa sama keluarga, bisa lihat-lihat di TV banyak sekali acara-acara tausyiah menjelang berbuka. Lebih baik kamu dengan keluarga sudah mandi semua, berkumpul sama keluarga menunggu waktu berbuka puasa," tambah dia. (rol)