Wapres JK Minta Arcandra Pilih Kewarganegaraan

Diterbitkan oleh Redaksi pada Kamis, 18 Agustus 2016 18:01 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 542 kali ditampilkan

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar menentukan kewarganegaraan yang pasti dipilihnya, Indonesia atau Amerika Serikat. "Harus diperjelas kewarganegaraannya. Tentu nanti ada upaya untuk menyelesaikan," jelasnya di Gedung DPR, Jakarta (Kamis, 18/8).

Disingung apakah nantinya pemerintah akan merevisi Undang-Undang Kewarganegaraan, JK enggan memastikannya. Padahal sebelumnya, pemerintah sudah merevisi undang-undang tersebut yang bisa dipilih seseorang ketika menginjak usia 18 tahun.

"Itu nantilah biar dibicarakan. Itu tergantung nanti DPR dengan pemerintah. Pemerintah kan sudah, kita kan sudah ada perubahan yang umur 18 tahun itu awalnya," ujarnya.

Meski begitu, JK mengaku pemerintah saat ini tengah membahas rencana memberikan kesempatan kewarganegaraan ganda bagi penduduk. Lantaran, tren pergerakan orang bertalenta dari negara-negara berkembang ke negara maju untuk mendapatkan pengalaman. Sama halnya seperti yang dialamai Arcandra yang kemudian kembali lagi ke negaranya.

"Memang lagi dibicarakan soal dwi kewarganegaraan, itu memang trennya begitu di dunia ini," lanjut JK.

Lebih jauh, JK menilai lebih baik jika Arcandra kembali sediakala sebagai warga negara Indonesia yang sah. Sehingga, peluangnya difungsikan kembali menjadi pejabat negara kembali terbuka.

"(Peluang Arcandara) bisa. Iya itu selama kemudian kewarganegaraannya lebih baik Indonesia tentu lebih jelas, tentu lebih pasti terbuka bagi dia," demikian JK. [RMOL/wah]