Ratusan Hektar Lahan Pertanian Desa Rasa Bou Terancam Kering dan Gagal Panen

Diterbitkan oleh Admin pada Ahad, 29 Januari 2017 15:07 WIB dengan kategori Khazanah Nasional dan sudah 923 kali ditampilkan

BIMA, -- Bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu membuat jebolnya sebagian Dam Raba Bou yang panjangnya 22 meter, di Desa Rasa Bou kec sape kab Bima, menggenangi pemukiman warga di beberapa desa.

karena jebol nya Dam tersebut ratusan Ha lahan pertanian padi warga setempat, terancam gagal panen atau kering karena tidak adanya air bersumber dari dam untuk mengairi sawah, selain itu, saluran irigasi Dam sepanjang 1 Km sudah dangkal.

Kades Desa Rasa Bou Arifin H M Yusuf, kepada terkininews.com minggu (29/01/2017) saat dikonfirmasi mengatakan bahwa lahan pertanian seluas 103 ha kini menjadi dampak banjir dan di perparah lagi oleh banjir terakhir yang menjebolkan sayap Dam besar Sape.

"Terjadi sungai baru, sehingga tidak berfungsinya Dam itu, akibatnya lahan pertanian di desa rasa bou mencapai 100 Ha ikut mengalami kekeringan,' papar Kades Rasa Bou.

Lanjut kades desa rasa bou menjelaskan kalu lahan padi warga yang terkena dampak juga terjadi pada beberapa tempat seperti di So Ompu Umi, So Foo Panca dan So Dadi dengan keseluruhan mencapai 203 ha yang terancam kering dan kemungkinan gagal panen.

Kades rasa bou berharap pemerintah harus segera mengantisipasi dan mengambil langkah memperbaiki Dam besar sape maupun dam Raba Bou, agar padi dapat terselamatkan dan ekonomi masyarakat bisa kembali pulih.

Kades juga meminta kepada pemerintah agar cepat tanggap dan mengambil jalan alternatif lain seperti mengadakan pompa air bor bertenaga surya yang  hemat di gunakan tanpa bahan bakar minyak. Pintanya.(edy/*)