Drone Israel di Gaza Utara Ditembak Jatuh

Diterbitkan oleh Redaksi pada Senin, 4 November 2019 20:45 WIB dengan kategori Headline Internasional dan sudah 523 kali ditampilkan

GAZA – Pusat Informasi Palestina Perlawanan Palestina menembak jatuh sebuah drone milik militer penjajah Israel, Ahad (3/11) di Gaza utara.

Kantor berita Shafa mengutip sumber di lingkungan perlawanan, bahwa pihak pejuang berhasil menembak jatuh pesawat drone milik Israel, yang mengudara di kawasan perbatasan Gaza utara.

Sumber menyebutkan, drone yang ditembak jatuh dari jenis Quad Capter, yang digunakan untuk mengambil gambar.

Perlawanan Palestina sebelumnya beberapa kali berhasil menembak jatuh drone serupa milik militer Israel, di samping beberapa disita karena jatuh akibat kerusakan.

Gencatan senjata antara pihak perlawanan Palestina di Gaza dan militer penjajah Israel berlangsung sejak agresi militer tahun 2014 lalu, namun kerap terjadi saling serang antara kedua pihak, dan upaya spionase menembus Gaza terus dilakukan pihak Israel, antara lain dengan mengirimkan sejumlah drone, dan agen-agen penyusup ke Gaza, beberapa kasus bisa dibongkar, terakhir penyerangan terhadap aparat keamanan di Gaza.

Gaza saat ini masih berada dalam blockade Israel, darat, laut dan udara yang telah berlangsung sejak tahun 2006 pasca hengkangnya militer Israel dari Gaza. Sejumlah upaya ditempuh untuk mengakhiri blockade, namun belum membuahkan hasil.

 Sehingga memicu perlawanan rakyat lewat aksi pawai kepulangan dan penghapusan blockade Gaza, yang digelar sejak Maret 2018 lalu, di kemah kepulangan yang dipasang di lima titik kawasan perbatasan Gaza timur, dan terus berlanjut di setiap Jumat sore sampai saat ini. (mq/pip/https://melayu.palinfo.com)