Kendaraan Intat Linto Baro di Lhokseumawe Antar Pengantin

Diterbitkan oleh Admin pada Rabu, 5 Februari 2020 17:19 WIB dengan kategori Daerah Headline Unik dan sudah 1.185 kali ditampilkan

Lhokseumawe - Mengntar Linto baro (pengantin pria) dengan mobil mewah sepertinya merupakan hal yang biasa dilakukan di seluruh belahan dunia. Namun, pernah kah anda melihat mengantar linto baro menggunakan odong-odong?

Ya, pernikahan antara Muhammad Nur (27) dan Sri Mulyani (24) mendadak menghebohkan warga. Pasalnya, Linto Baro tersebut diantar menuju rumah dara baro (pengantin wanita) menaiki odong-odong dan dikawal oleh Satgas Pageu Gampong, Rabu (05/02/20).

Berdasarkan amatan kami, prosesi tersebut berlangsung di Dusun 1 Loskala Gampong Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, sekitar pukul 11.20 WIB.

 “Betul, itu nikahannya si M.nur sama Monik. Diantarnya naik odong-odong, hoboh tadi saat iring-iringan. menurut saya ini unik," Kata tetangga pengantin pria, Tomi.

Menurut informasi yang dihimpun, hal itu dilakukan karena pengantin pria menikah dengan wanita yang masih satu Dusun atau sekampung. 

"M.Nur sepakat sama para pemuda di Blang Panyang kalau nanti intat lintonya naik odong-odong, ya kita suruh buktikan. Untuk kedepan jika ada yang nikahan sekampung dijamin pasti ada yang unik lagi." Jelas T Mustafa selaku komandan satgas yang ikut mengawal prosesi intat linto baro sambil tertawa.

Saat menaiki odong-odong, Muhammad Nur yang memakai pakaian adat Aceh tampak berkeringat, wajahnya terlihat terasa gugup bercampur kegembiraan.