Sembilan Kecamatan di Kabupaten Blitar Belum Ada Kelompok Asman Toga

Diterbitkan oleh Admin pada Rabu, 5 Februari 2020 16:18 WIB dengan kategori Daerah Headline dan sudah 266 kali ditampilkan

BLITAR, -- Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar, hingga saat ini jumlah asuhan mandiri taman obat keluarga (Asman Toga) mencapai 58 kelompok. Jumlah itu diyakini terus bertambah, mengingat banyak masyarakat yang berminat mendirikan kelompok asman toga.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Cristine Indrawati mengatakan, dari 22 kecamatan yang ada, 13 kecamatan sudah ada kelompok asman toga. Sementara sisanya masih belum ada, seperti Bakung, Wonotirto, Sutojayan, Kanigoro, Kesamben, Wlingi, Gandusari, Garum, dan Sanankulon. 

"Jumlah asman toga terbanyak berada di Kecamatan Doko dengan 15 kelompok. Sementara kecamatan lain segera membuat kelompok asman toga, karena selain bermanfaat bagi orang lain, juga bagi kelompok itu sendiri," kata Cristine, Rabu (05/02).

Menurutnya, sudah ada tanda-tanda sejumlah kecamatan yang belum terbentuk kelompok asman toga  diantaranya sudah mulai bertanya-tanya cara menanam toga. Diyakini tahun ini bakal ada penambahan jumlah asman toga di Kabupaten Blitar.

"Dampak positif adanya asman toga diantaranya bisa meningkatkan ekonomi, karena mereka bisa menjual bahan toga dan ada juga yang mengembangkannya menjadi wisata," imbuhnya. (Edp/*)