Antisipasi Ledakan Pasien Corona, RSJ Tampan dan RS Madani Pekanbaru Disiapkan Pasien Virus Corona

Admin Sabtu, 28 Maret 2020 18:03 WIB
213x ditampilkan Pekanbaru

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meninjau persiapan Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru dan Rumah Sakit Jiwa Tampan dalam penanganan pasien terjangkit virus Corona (Covid-19), Sabtu (28/3/20). 

Turut ikut dalam tinjauan ini, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Yan Prana Jaya, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Riau Chairul Riski, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Mimi Yuliani Nazir, Direktur Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Nuzelly Husnedi, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, dan Juru Bicara Tim Medis Covid-19 Provinsi Riau Indra Yopi. 

Dalam peninjauan tersebut, Gubri melakukan proses penanganan RSD Madani dan RSJ Tampan dalam menangani pasien terjangkit Covid-19. Syamsuar mengatakan, RSD Madani Pekanbaru menyediakan 70 bed dan RSJ Tampan 30 bed. 

"Tinjauan ini kita lakukan untuk langkah antisipasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam mengantisipasi jika Pasien dalam Pengawasan (PDP) bertambah," katanya. 

Syamsuar mengatakan, saat ini jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Provinsi Riau sebanyak 70 orang lebih. Sehingga RSD Madani dan RSJ Tampan ini sangat membantu Pemprov Riau. 

"Kita berharap nantinya ruangan yang telah kita persiapkan ini tidak ada yang menghuninya," katanya. 

Diketahui jumlah pasien suspect Corona atau Covid-19 di Provinsi Riau, terhitung sejak 3-27 Maret 2020, totalnya mencapai 72 orang. 

Dari jumlah itu, 22 orang dinyatakan negatif, sehat dan dipulangkan. Lalu, satu orang lainnya dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.(***/)