Daops Manggala Agni Gowa Balai PPIKHL Sulawesi Peran Serta Penyemprotan Desinfektan Serentak

Admin Rabu, 1 April 2020 15:49 WIB
150x ditampilkan Daerah Headline Nasional

GOWA, -- Aksi penyemprotan Desinfektan serentak di wilayah kabupaten Gowa dan dipimpin langsung Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan covid-19 Kabupaten Gowa.

Penyemprotan serentak Rabu (01/4/2020) diawali dengan gelar apel yang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni Daops Gowa Balai PPIKHL Sulawesi, Pemadam Kebakaran, TNI, Polri, Satpol PP, Pramuka dan sejumlah organisasi  kepemudaan serta ormas kemasyarakatan di Kabupaten Gowa.

Dalam arahannya Bupati Adnan selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan covid-19 Kabupaten Gowa mengatakan bahwa covid-19 sudah menjadi pandemi yang terjadi di hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia.

Olehnya itu, ia mengatakan bahwa penyemprotan disinfektan secara massal ini sebagai upaya Pemkab dalam mencegah dan memutus mata rantai penularan covid-19.

"Salah satu cara untuk memutus mata rantai penularan covid-19 ini, maka yang menjadi titik fokus kita pada hari ini yaitu tempat-tempat strategis yang ada di wilayah Kabupaten Gowa seperti tempat - tempat umum keramaian," ujarnya.

Orang nomor satu di Gowa ini meminta agar petugas yang terlibat dalam penyemprotan ini juga bisa mengedukasi masyarakat terkait bahaya dari covid-19 dan meminta masyarakat mengikuti arahan pemerintah.

"Saya berharap penyemprotan ini bisa sekaligus mengedukasi masyarakat untuk sementara waktu tinggal di rumah dan termasuk mengikuti arah MUI untuk sementara waktu beribadah di rumah," kata Adnan.

Sementara itu Tim Manggala Agni Daops Gowa yang juga turut terlibat dalam aksi penyemprotan serentak berharap dengan di gelarnya aksi tersebut dapat lebih membantu warga untuk lebih membatasi perkembangan wabah Covid -19

Ishak Andi Kunna selaku Kepala Daerah Operasi (Kadaops) Gowa juga siap mendukung segala kebijakan pemerintah daerah dalam penanganan penyebaran Covid -19 di wilayah kerjanya.

"Pemutusan rantai penyebaran virus corona (covid 19) kami telah mulai sejak awal dari lingkungan kantor Mnggala Agni Daops Gowa" kata Ishak.

Lanjut selain sterilisasi dari anggota manggala agni itu sendiri, kami terapkan kepada setiap kunjungan dilingkungan kantor dengan penyemprotan Desinfektan. Terangnya.

"Untuk saat ini Daops Manggala Agni Gowa Balai PPIKHL Sulawesi fokus pada pelaksanaan di 2 lokasi yakni Ibukota Kabupaten Gowa dan Kecamatan Parangloe". Papar Ishak Andi Kunna

Lanjut personil yang terlibat sebanyak 30 orang, dengan peralatan yang digunakan  seperti mobil tank 5000 liter, slip on unit 600 ltr, dan jet shooter 30 set dengan metode penyemprotan yang dilakukan di fasilitas umum dan fasilitas sosial berupa perkantoran, sekolah, pasar, rumah ibadah komplek perumahan. (*/)