Danki Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor Area Sape Terima Senpi Rakitan dari Warga Desa Poja Bima

Admin Kamis, 28 Mei 2020 15:46 WIB
176x ditampilkan Daerah Headline

BIMA, -- Penyerahan satu pucuk Senjata Api (senpi) Rakitan oleh Masyarakat Desa Poja Kecamatan Sape Kabupaten Bima kepada Komandan Kompi 3 Batalyon C Pelopor dan Tim Opsnal Brimob Sat Brimobda NTB Kamis (28/5/2020) terkininews.com

Komandan kompi AKP Iwan sugianto ' Deserahkan langsung di markas brimob kompi 3 batalyon C Pelopor area sape ,hal tersebut dari hasil penggalangan dan pendekatan secara persuasif secara intensif dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman serta kondusif di wilayah Hukum Polres Bima kota Khusus nya di Wilayah Hukun Polsek Sape,
 Pemilik Senpi Rakitan Laras pendek tersebut adalah Sahrul (27 Thn),Jenis Kelamin : Laki-Laki,pekerjaan : Petani ,Alamat : Dusun Satu Rt.03/02 Desa Poja Kecamatan Sape Kabupaten Bima 'jelas nya.

Pada awal nya ,Tim Opsnal Satbrimobda NTB di perintahkan oleh Dansat Brimob Satbrimobda NTB Kombespol Komaruz Zaman S.Ik MH lewat Kasi Intel Satbrimobda NTB AKP. I. Gb Eka Prasetya SH  dan di lanjutkan oleh Komandan Kompi 3 Batalyon C Pelopor Akp. Iwan Sugianto untuk melakukan penyelidikan terhadap masyarakat yang menyimpan, memiliki, menguasai Senjata Api Rakitan yang sering di gunakan untuk melakukan tindak pidana atau di gunakan untuk perang kampung yang meresahkan masyarakat Kota Dan Kabupaten Bima.

 Berdasarkan hasil pendalaman Tim Opsnal Brimob terhadap printah Dansat Brimob tersebut ,Tim berhasil mendapatkan informasi masyarakat dengan identitas tersebut di atas.

Selanjutnya Pada hari rabu tanggal 27 Mei 2020 pukul 23.30 wita Tim Opsnal Satbrimobda NTB mendatangi sdr. sahrul di rumah kediamannya di Dusun Satu Rt.03/02 Desa Poja Kecamatan Sape Kabupaten Bima namun yang bersangkutan tidak ada di tempat

Kemudian Tim Opsnal Satbrimobda NTB dan Kepala Desa Poja Robi Darwis SE  menuju  kediaman orang tuanya di atas sawah So Poja Desa poja tapi sdr. sahrul tidak ada di tempat, namun Tim Opsnal Satbrimobda NTB melakukan pendekatan secara persuasif terhadap orang tuanya agar supaya sdr. sahrul menyerahkan Senjata Api Rakitannya kepada Tim Opsnal Satbrimobda NTB.' jelas danki

Tim Opsnal Mendapat informasi dari orang tuanya pada pukul 01.30 WITA 'bahwa yang bersangkutan akan siap menyerahkan senpi kepada Tim Opsnal Brimob. selanjutnya tim opsnal Satbrimobda NTB berkordinasi dengan Komandan Kompi 3 Batalyon C Pelopor untuk penyerahan Senjata Api Rakitan tersebut.

Berhubung bersangkutan kooperatif dan mau berkerja sama, Sehingga Tim Opsnal melakukan Pendekatan, penggalangan guna meminta kepada sdr. sahrul untuk menyerahkan Senjata Api Rakitan tersebut secara suka rela. 

Kemudian penyerahan Senjata Api tersebut di bawa oleh sdr. sahrul dan didampingi oleh Aparat Desa Poja yakni Kepala Desa Poja Robi Darwis SE dan didampingi oleh Iptu. Suryadin yang berdinas di Papua membantu koordinasi melalui Via telphone dengan keluarga yang besangkutan sehingga pelaksanaan serah terima dapat berjalan dengan lancar.

Setelah di lakukan penyerahan senjata Api Rakitan tersebut di periksa dan di cek bersama tim opsnal satrbrimobda NTB.ungkap Akp Iwan Sugianto 

Senjata Api tersebut di titipkan oleh salah seorang rekan nya  atas nama sdr. Hamdin yang pergi merantau ke kalimantan dan hingga kini tidak pernah ada kabar.

komandan kompi brimob AKP Iwan sugianto mengapresiasi kepada masyarakat yang mau menyerahkan senjata api rakitan baik laras pendek maupun laras panjang secara sukarela kepada Pihak Kepolisian khusus nya Brimob. 

Kepemilikan senjata Api Rakitan di kalangan masyarakat merupakan salah satu hal yang mempengaruhi tinggi nya angka kriminalitas dan gangguan kamtibmas di wilayah Kec. Sape dan Lambu.

Di harapkan agar sekiranya seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Bima bisa mencontoh sikap dan tindakan yang dilakukan oleh Kepala Desa muda Robi Darwis SE guna untuk meningkatkan stabilitas keamanan di masing-masing Desa.