Ditbinmas Polda Jateng Melaksanakan Asistensi Kampung Siaga Candi Di Jajaran Polres Pekalongan

Diterbitkan oleh Tauhid pada Rabu, 3 Maret 2021 17:27 WIB dengan kategori Daerah Headline dan sudah 60 kali ditampilkan

PEKALONGAN- Polda Jateng melalui tim dari Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) melaksanakan Kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) dan Asistensi Kampung Siaga Candi di wilayah hukum Polres Pekalongan, Rabu (3/3/2021)

Fokus Group Discussion (FGD) itu sendiri mengusung  tema "Optimalisasi Kampung Siaga Candi dalam rangka PPKM Mikro Guna Penanggulangan Penyebaran Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi" dan Asistensi Kampung Siaga Candi 2021.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Ka Tim Asistensi KSC Wadir Binmas Polda Jateng AKBP Siti Rondhiyah, S.Si., M.Kes. beserta Tim, Dandim 0710 Pekalongan diwakili Pabung 0710 Pekalongan Kapten. Inf. Nurkhan, Wakapolres Pekalongan Kompol Andis Arfan Tofani, S.H., M.H., Para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Pekalongan, Camat Kajen, Camat Wonopringgo dan Camat Paninggaran,  Danramil Kajen, Danramil Wonopringgo dan Danramil Paninggaran, Kades Sokoyoso, Kades Paninggaran dan Kades Sampih, Perwakilan Bhabinkamtibmas Polres Pekalongan wilayah penerima penghargaan, Perwakilan Babinsa Kodim 0710 Pekalongan wilayah penerima penghargaan, Pengurus Obyek Wisata Lolong Adventure Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan serta Para penerima penghargaan program Kampung Siaga Candi Polres Pekalongan

Dalam sambutannya Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., menyampaikan bahwa untuk menekan penyebaran Covid-19 dan meningkatkan ketahanan pangan, kesehatan, keamanan dan ekonomi Polres Pekalongan melaksanakan optimalisasi Kampung Siaga Candi di 259 Desa/Kelurahan di wilayah hukum Polres Pekalongan.

Selain Kampung Siaga Candi, Polres Pekalongan bersama dengan unsur terkait juga telah membentuk 4 Ponpes Siaga Candi di 12 pondok Pesantren, Obyek Wisata Candi di 7 Obyek Wisata dan Pasar Siaga Candi 3 pasar yang ada di wilayah hukum Polres Pekalongan, dengan melakukan sejumlah upaya pencegahan dan ketahanan mulai dari program ketahanan pangan budi daya lele hingga penyaluran APD di Posko Kampung Siaga Candi yang ada di wilayah hukum Polres Pekalongan. 

Sementara itu, Ka Tim Asistensi KSC Wadir Binmas Polda Jateng  AKBP Siti Rondhiyah, S.Si., M.Kes. menyampaikan bahwa kami dari Polda Jateng datang untuk melakukan asistensi dan penilaian kampung siaga. Kita melihat bagaimana operasional di kampung siaga candi jajaran Polres Pekalongan ini.

“Bapak Kapolda Jateng telah memerintahkan kepada kami untuk langsung terjun ke lapangan guna mengecek keaktifan dan keberadaan Kampung Siaga Candi yang ada di Polres jajaran Polda Jateng,” katanya. 

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan dalam program Kampung Siaga Candi, adapun penerima penghargaan antara lain Kades Paninggaran Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan Ir. Rusdiono kategori Pasar Siaga Candi Polres Pekalongan, Kades Sokoyoso Kec. Kajen Kab. Pekalongan Herlambang Fitnanto, S.E. kategori Kampung Siaga Candi Polres Pekalongan, Kades Sampih Kec. Wonopringgo Kab. Pekalongan M. Abi Solaeman kategori Kampung Siaga Candi Polres Pekalongan, Ponpes Asy-Syifa Desa Nyamok Kec. Kajen Kab. Pekalongan KH. Kholil Ridwan Al-Hafidz kategori Ponpes Siaga Candi Polres Pekalongan, Pengurus Obyek Wisata Lolong Adventure Desa Lolong Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan kategori Obyek Wisata Candi Polres Pekalongan.

Usai pemberian penghargaan kegiatan dilanjutkan dengan Asistensi di Kampung Siaga Candi jajaran Polres Pekalongan oleh Tim Asistensi KSC Dit Binmas Polda Jateng.
Suroto Anto Saputro