Heboh Gajah Mina di Natuna, Berikut Ulasan Beberapa Faktanya

Diterbitkan oleh Tauhid pada Rabu, 24 Maret 2021 05:41 WIB dengan kategori Natuna Unik dan sudah 668 kali ditampilkan

NATUNA - Warga Natuna dihebohkan dengan penemuan bangkai binatang di Laut Natuna Utara yang diduga adalah hewan legenda bernama Gajah Mina. Kini, bangkai tersebut diserahkan pihak terkait untuk diselediki lebih lanjut. Lalu, apa itu Gajah Mina?

1. Kepercayaan Hindu

Dalam kepercayaan Hindu, Gaja Mina merupakan simbol istimewa. Hewan legenda ini merupakan perpaduan antara gajah dan ikan. Bagian kepalanya adalah gajah dan bagian bawahnya berupa ekor ikan.

Terkait sosok hewan Gajah Mina dijelaskan lebih lanjut dalam Lontar Yama Tattwa oleh Wangsa Wesia yakni salah satu naskah tradisional Bali yang berisikan tentang upacara agama Hindu dalam hal ini adalah ngaben.

Gajah Mina adalah salah satu dari tujuh makhluk mitologi dalam kepercayaan umat Hindu yang dikenal dengan sebutan 'makara'. Makhluk ini kerap muncul dalam ukiran candi atau arsiteksur pura.

2. Seukuran Paus Dewasa

Para sesepuh pesisir menyebut bahwa hewan ini memiliki ukuran yang besar bahkan hingga mencapai ukuran paus dewasa. Gajah Mina memiliki belalai seperti gajah, sedikit bulu, sepasang gading, dan telinganya lebar.

3. Simbol Kekuatan

Palinggih Gajah Mina adalah simbol kekuatan yang luar biasa dan mahadahsyat dari Raja Lautan yakni Dewa Baruna. Makhluk ini dikatikan dengan cerita penyelamatan dunia oleh Matsya atau Avatara Wisnu dengan wujud ikan berkepala gajah.

4. LIPI Sebut Paus Baleen

Menurut LIPI, bangkai hewan tersebut bukanlah Gajah Mina melainkan bangkai paus baleen, yakni sejenis paus yang tidak memiliki gigi pada bagian rahang bawahnya. Selain itu, paus baleen juga memiliki saringan pada mulutnya menyerupai sapu ijuk yang berfungsi mnyaring plankton di air sebagai makanannya. 

 

Sumber