Peringati HKB, BPBD Brebes Gelar Simulasi Mitigasi Bencana

Diterbitkan oleh Sholeh pada Senin, 26 April 2021 22:13 WIB dengan kategori Headline dan sudah 134 kali ditampilkan

BREBES - Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) merupakan momen untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya anstisipasi serta kesadaran terhadap bencana. HKB sendiri diinisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dengan tujuannya untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak.

Demikian pula yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes pada Peringatan HKB kali ini, dengan menggelar simulasi mitigasi bencana gempa bumi di Markas BPBD, Jalan Jendral Sudirman 165 Brebes, Senin (26/4).

Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH hadir menyaksikan simulasi tersebut, menyampaikan terima kasih serta memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh jajaran BPBD Brebes yang selama ini telah membantu Pemerintah Kabupaten Brebes khususnya di bidang penanganan kebencanaan.

"Saya acungkan jempol kepada jajaran BPBD atas kesigapannya dalam menangani bencana di Kabupaten Brebes," ucapnya.

Narjo meminta agar jajaran BPBD selalu siap siaga serta terus semangat mengasah kemampuan diri dalam bidang penanganan kebencanaan, mengingat Kabupaten Brebes memiliki wilayah cukup luas dengan berbagai potensi bencana yang bisa kapan saja terjadi.

“BPBD harus selalu siap kapanpun dibutuhkan, meski saya pribadi berharap dan berdoa Kabupaten Brebes terhindar dari bencana," ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Nushy Mansur mengatakan, simulasi sangat perlu dilaksanakan secara rutin, hal tersebut guna mengasah kemampuan anggota BPBD dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

"Selain itu, tentunya juga untuk menggugah pengetahuan masyarakat dalam mengurangi resiko korban apabila bencana benar benar terjadi," pungkasnya.

Simulasi dilaksanakan tepat pukul 10.00 Wib, Tim BPBD Brebes menunjukan kebolehanya dalam melaksanakan tugas penyelamatan, mulai dari penanganan korban tertinggal di dalam ruangan bahkan yang berada di lantai atas, hingga penanganan korban luka luka ringan sampai cedera patah kaki. 

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Asisten I Sekda Brebes Apriyanto Sudarmoko, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Supriyadi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes beserta seluruh jajaranya.