Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Halsel Minta Samsat Tindak Tegas kendaraan dari Luar Malut

Diterbitkan oleh Saiful pada Senin, 10 Mei 2021 11:36 WIB dengan kategori Daerah Okp Pemuda dan sudah 207 kali ditampilkan

HALMAHERA SELATAN - Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila  (PP) Halmahera Selatan, Imran Hi Ali menyampaikan dukungannya kepada Samsat Cabang Halmahera Selatan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan menindak tegas kendaraan roda 2 dan 4 baik milik pribadi atau perusahaan dengan nomor plat luar daerah Maluku Utara yang beroperasi di wilayah Maluku khususnya di Kab. Halmahera Selatan.

 

“Kami MPC PP Halsel meminta kepada Samsat untuk tindak tegas Pemilik kendaraan yang bernomor plat/alamat luar daerah, baik itu milik pribadi maupun milik perusahaan yang berada di wilayah Halsel” tegas Imran.

 

Imran mengatakan bahwa dengan beroperasinya kendaraan luar Daerah diwilayah Maluku Utara (Halsel), telah menyebabkan kerugian Daerah khususnya penggunaan kuota bahan bakar minyak (BBM) dan penggunaan jalan. sementara kendaraan-kendaraan tersebut tidak memberikan Konstribusi apapun dalam bentuk pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak kendaraan seperti pembayaran PKB atas kepemilikan kendaraan.

 

“Otonomi Daerah dan pembangunan harus membutuhkan sumber daya manusia dan modal keuangan yang memadai dalam membangun suatu Daerah. Salah satu sumber-sumber keuangan dapat diperoleh dari Pendapatan Asli Daerah” tutur Imran.

 

Imran juga menuturkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Penerimaan pajak daerah ini setiap tahunnya selalu bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, dan semakin bertambahnya jumlah kendaraan disutu wilayah atau daerah.

 

“Hal ini mengisyaratkan bahwa untuk dapat meningkatkan PAD maka Samsat Cabang Halmahera Selatan perlu mengambil tindakan tegas guna memperoleh pungutan dari PKB dari setiap kendaraan yang beroperasi di wilayah Maluku Utara khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan, agar PAD terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya” papar Imran.