Bupati Kendal : Pembangunan Bendung Bodri Masuk Dalam Projek Strategis Nasional

Diterbitkan oleh Tauhid pada Jumat, 18 Juni 2021 00:14 WIB dengan kategori Daerah Nasional dan sudah 62 kali ditampilkan

KENDAL

Mengatasi permasalahan banjir, ketersediaan pasokan air guna mengairi irigasi yang mampu meningkatkan sekotor pertanian, rencana pembangunan Bendungan Bodri Kabupaten Kendal telah masuk dalam agenda tahun 2020-2024 melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), Kamis (17/6/2021).

Kick Off Penyusunan Akhir Prastudi Kelayakan / Final Business Case (FBC) Proyek KPBU Bendungan Bodri Kabupaten Kendal Jawa Tengah telah dilakukan perencanaan dengan besaran anggaran mencapai 1,1 Triliyun.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Sumber Daya Air, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR RI Ir. Arvi Argyantoro, M.A  menjelaskan bahwa tahapan Kick Off ini sedang melakukan tahapan penyusunan FBC guna menarik investor masuk dalam pembiayaan.

“Outline Bisnis Case (OBC) tahap sebelumnya sudah kita selesaikan pada tahun 2020 kemarin, jadi sekarang sudah masuk tahap FBC yang fokus untuk menarik minat investor atau badan usaha agar ikut dalam proyek ini,” jelas Arvi Argyantoro.

Adapun tujuan pelaksanaan Kick Off guna mendapat tanggapan dan masukan dari Pemerintah Daerah, memastikan kesiapan proyek KPBU dan pemutakhiran data informasi kelayakan KPBU dari aspek hukum, teknis, ekonomi, keuangan, sosial dan lingkungan.

Dalam Pembangunan Bendung Bodri Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, B.Sc  tengah melakukan komunikasi kepada kurang lebih 140 KK yang akan terdampak pembangunan untuk dilakukan relokasi.

“Kita sebelumnya telah menjalin komunikasi dengan warga setempat alhamdulillah sudah sepakat dan nanti Pemerintah juga telah menyiapkan relokasi,” jelas Dico M. Ganinduto.

Dari hasil Bendung Bodri yang akan dibangun, Bupati menerangkan nantinya akan menghasilkan dampak yang berkelanjutan termasuk adanya sektor wisata yang menjadi visi misi dari Bupati dan Wakil Bupati Kendal.

Dico M. Ganinduto berharap Bendung Bodri dapat diintegrasikan dengan jalur wisata sepeda yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, sehingga hasil pembangunan dari bendungan dapat menyentu sektor Pertanian, Industri dan Wisata.

Bendung Bodri diperkirakan dapat menampung debit air mencapai 40 juta M3 dengan perkiraan luas genangan 240.20 Ha dan memiliki manfaat untuk suplai air baku sebesar 2,26 M3/s.

Suroto Anto Saputro