Berbagai Hal Dilakukan Kantor Imigrasi Guna Peningkatan Pelayanan Publik

Diterbitkan oleh Ukki pada Kamis, 24 Juni 2021 17:18 WIB dengan kategori Headline Makassar dan sudah 693 kali ditampilkan

MAKASSAR, -- Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik berkualitas tinggi dan bebas dari KKN, Kantor Imigrasi di Sulawesi Selatan membuka layanan di luar kantornya, dan pelayanan di luar hari kerja di dalam kantornya bahkan Kanim Makassar melakukan pelayanan di luar hari kerja di luar kantornya.

Pelayanan maksimal tersebut digelar kompak oleh Kanim Makassar, Parepare dan Palopo yang seolah berlomba melaksanakan pelayanan paspor terbaik bagi masyarakat.

“Pelayanan paspor yang dilakukan di Kantor Imigrasi Makassar di luar hari kerja, berupa inovasi dengan sebutan KAISAR MANDALA (Kantor Imigrasi Makassar Melayani Hari Libur Anda) dan di Kantor Imigrasi Parepare dan Palopo disebut sebagai pelayanan paspor simpatik. Pelayanan ini disediakan untuk yang hanya punya waktu luang guna memohon paspor pada hari libur. Selain itu, pelayan paspor yang dilakukan di luar kantor imigrasi, baik pada hari kerja maupun pada hari libur, disebut sebagai pelayanan paspor secara jemput bola atau kemudahan pelayanan permohonan paspor (eazy passport)”. Kata Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnida kepada  Humas Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Makassar (24/06/2021). 

Pada periode Januari 2021 sampai minggu ketiga Juni 2021, sebanyak 863 paspor diproses secara khusus oleh 3 kantor imigrasi tersebut. Sebanyak 47 paspor diproses di kantor imigrasi di luar hari kerja, 650 paspor pada hari kerja di luar kantor (eazy passport). 

Untuk proses Eazy Passport di luar hari kerja oleh Kanim Makassar yaitu 30 paspor di Kemenag Jeneponto dan 146 di Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran Salodong. Tambahnya 

Adapun hal unik dalam kegiatan di Salodong, Taruna/Taruni Politeknik Keimigrasian yang sedang melaksanakan PKL, ikut membantu melakukan pelayanan permohonan paspor bagi para Taruna/Taruni Politeknik Ilmu Pelayaran. Papar Dodi

Lanjut proses Eazy Passport Kanim Makassar pada hari kerja dilaksanakan di Kantor Garuda, Gedung Kalla Grup, Kantor Badan Pemeriksa Keuangan, Kantor Otoritas Jasa Keuangan dan Kemenag Kab. Bone. Lalu, Eazy Passport oleh Kanim Parepare dilaksanakan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Barru, Dinas PMPTSP Pinrang, Wajo dan Sidrap sedangkan Kanim Palopo melaksanakannya di Kemenag Kab. Luwu Timur dan 3 kali di Kantor Camat Nuha-Luwu Timur.

Dodi pada akhir keterangannya menyatakan bahwa  "Pelayanan Eazy Passport/jemput bola itu, merupakan target kinerja keimigrasian tahun 2021 dan pelayanan di luar hari kerja tentu dilakukan setelah mendapat persetujuan pimpinan. (***/dk)