Forum Taman Baca Masyarakat Batam Ajukan Rekomendasi kepada DPRD Batam

Diterbitkan oleh Saiful pada Kamis, 24 Juni 2021 16:45 WIB dengan kategori Batam Dprd Batam Komunitas dan sudah 96 kali ditampilkan

BATAM – Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kota Batam melakukan kunjungan sekaligus rapat dengar pendapat (rdp) yang ke-dua kalinya ke kantor DPRD Kota Batam (23/06/2021) sekitar pukul 13:30 siang . Pada kesempatan tersebut FTBM Kota Batam memperkenalkan diri mereka sebagai organisasi kumpulan taman baca yang bergerak dibidang literasi Kota Batam dan didirikan para tanggal 23 Februari 2021 lalu. Forum ini mengakomodir 25 taman baca yang sudah terbentuk di Seluruh Kota Batam.


Tidak hanya berkunjung, maksud kedatangan forum ini adalah untuk melaksanakan rdp dengan DPRD Kota Batam guna menyampaikan aspirasi dan rekomendasinya ke Pemerintah Kota Batam.


“Kita mendapat arahan dari pimpinan DPRD untuk menyambut dan menggelar rapat dengar pendapat bersama Forum Taman Baca Masyarakat ini” ujar Mochamat Mustofa .


Dalam rdp ke-dua itu FTBM menyampaikan beberapa rekomendasi yang bertemakan kebutuhan akan dukungan dari Pemerintah Kota khususnya kepada para penggiat taman baca masyarakat. Baik itu dukungan berupa fasilitas maupun yang sifatnya administrasi. Beberapa point rekomendasi bermaksud agar FTBM mendapat akses anggaran pendapatan dan belanja daerah (apbd). Berkenaan hal tersebut. Mustofa yang juga merupakan wakil ketua fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Batam menuturkan penjelasannya.


"Kami sarankan agar forum ini di buatkan badan hukum terlebih dahulu. Seperti yayasan atau sejenisnya. karena ini sifatnya forum dan belum punya lembaga hukum maka sulit sekali untuk mendapatkan akses apbd”. Ujar pria yang akrab disapa Cak Mus itu.
Di kesempatan yang sama, Mustofa menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada FTBM yang sudah mengakomodir taman-taman baca yang ada di Kota Batam.


“Kritik, saran dan rekomendasi dari kawan-kawan FTBM sudah kami terima dan hari ini aspirasi tersebut kami fasilitasi dengan mengundang dinas terkait untuk ditindak lanjuti” ujar mustofa. Pada kesempatan itu juga DPRD Kota Batam melalui komisi IV langsung memfasilitasi pertemuan antara FTBM dengan dinas terkait, yakin dengan menghadirkan  Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan .


FTBM Kota Batam  merupakan organisasi kumpulan taman baca yang bergerak dibidang literasi Kota Batam dan didirikan para tanggal 23 Februari 2021 lalu. Forum ini mengakomodir 25 taman baca yang sudah terbentuk di Seluruh Kota Batam.