Satgas TMMD Reguler Ke 112 Kodim 0736/Batang Pasang Gorong-gorong

Diterbitkan oleh Tauhid pada Senin, 6 September 2021 16:51 WIB dengan kategori Tmmd Jawa Tengah dan sudah 894 kali ditampilkan

BATANG - JATENG

Anggota satgas  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 112 Bersama dengan warga masyarakat dengan penuh semangat dan bergotong royong melakukan pemasangan gorong-gorong di sejumlah titik lokasi TMMD, tepatnya  di Desa Gerlang, Kec.Blado, Kab. Batang,Senin (06/09/21).


Pada Pra TMMD Reguler kali ini tidak hanya membangun fisik jalan saja, manakala jalan tersebut membutuhkan gorong gorong maka harus dibangun guna kelancaran aliran air yang dibutuhkan para petani guna pengairan tanaman sayur dilahan pertanian.


Di lokasi Danramil 09/Blado Kapten Cpm Joko Wahyono mengungkapkan,” pada pembangunan fisik, sasaran TMMD Reguler di Desa Gerlang ini bukan hanya pembangunan jalan baru saja namun ada pekerjaan lainnya yang tidak kalah penting, di antaranya pembuatan  gorong-gorong guna pengairan lahan para petani. 

Komunitas pertanian di Desa Gerlang sebagian umum lahan ditanami sayuran dan kentang, sehingga para petani butuh air guna penyiraman tanaman mereka, oleh karena itu pembangunan gorong-gorong saluran air sangat dibutuhkan. 

Gorong-gorong kali ini dibuat dengan memakai pelat beton bertulang sebagai penutup. 

Gorong-gorong dari pasangan batu dengan pelat beton bertulang sangat kuat apabila diatasnya dilewati kendaraan bermotor, jalasnya.

Tujuan pemasangannya adalah untuk kelancaran drainase air sehingga membawa aliran air baik untuk saluran irigasi atau pembuang yang melewati bawah jalan. 

Supaya saat musim hujan air tidak melintas ke jalan sehingga masa pakai jalan bisa tahan lama, juga berfungsi untuk pengairan tanaman warga,” pungkas Kapten Joko.

Suroto Anto Saputro