Taruna AAL Satlat KJK 2021 Latihan Passex Bersama Tiga Unsur KRI di Ambalat

Diterbitkan oleh Tauhid pada Ahad, 12 September 2021 19:39 WIB dengan kategori Headline Nasional dan sudah 80 kali ditampilkan

SULAWESI

AAL, KJK 2021 (12/9).
89 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-68 yang tergabung dalam Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2021 KRl Bima Suci, dilibatkan langsung dalam Latihan Passing Exercise (Passex) dengan tiga unsur KRI Koarmada ll di Perairan Laut Sulawesi, 30 Nautical Miles Ambalat, Minggu (12/9).

KRI Bima Suci yang dikomandani Letkol Laut (P) Waluyo, SH, M.Tr.Hanla., memerintahkan seluruh personel yang ada di kapalnya untuk melaksanakan latihan Passex, menyambut kedatangan tiga unsur KRI, yakni KRI Pari-849, KRI Keris-624, KRI Hiu-634 dan satu pesawat Casa, yang baru saja melaksanakan tugas Operasi di perairan Ambalat.

Menurut Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK 2021, Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan, M.Tr.Opsla, Passex adalah latihan yang dilakukan antara dua angkatan laut ketika kapal perang salah satu negara melewati wilayah laut dari salah satu kedua negara tersebut. Dengan kata lain, Passex memiliki tujuan untuk melatih kerjasama antara dua angkatan laut.

Untuk itu terangnya, latihan Passex ini, menjadi kesempatan bagus bagi para Taruna Tingkat lll yang sedang menjalankan misi pelayaran Keliling Nusantara selama 99 hari, untuk berlatih dan menambah keterampilan dan pengalamannya tentang Passex, sebagai salah satu peran yang dilakukan di kapal perang.

Dalam latihan Passex kali ini lanjutnya, KRI Bima Suci beserta tiga unsur lainnya melaksanakan Leave Launch dan Comm Check, dilanjutkan latihan RASAP (Replenishment at Sea Approach), TACTMAN (Tactical Maneuvering), serta Manuver Pesawat Cassa melalui Air Joining Procedure, melaksanakan berbagai Atraksi udara mengitari KRI Bima Suci.

Unsur-unsur yg terlibat yaitu KRI Keris-624 dan KRI Hiu-634 merupakan dua unsur yang berada di bawah Satuan Kapal Cepat (Satkat) Jajaran Koarmada II, dengan tugas pokok sebagai kapal anti permukaan.

Sedangkan KRI Pari-849 merupakan unsur yang berada di bawah Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XIII Tarakan, serta pesawat Cassa yang merupakan unsur dari Puspenerbal.

Setelah komunikasi dan latihan manuver berjalan dengan baik, selanjutnya seluruh unsur menempati posisi masing-masing sesuai dengan prosedur.

Pada saat Farewell, seluruh Taruna AAL melaksanakan Peran Parade lambung kanan dan lambung kiri dilanjutkan dengan penghormatan dan lambaian tangan serta teriakan Jalesveva Jayamahe, justru di laut kita jaya sebagai tanda bahwa latihan telah selesai," terangnya.

Sesaat sebelum unsur unsur meninggalkan KRI Bima Suci terdengar jelas dari suara radio yang berada di anjungan dari Komandan Komandan KRI KRS - 625, KRI HIU - 634 dan KRI PRI - 849, mengucapkan Selamat berlayar dan berlatih kepada seluruh Satlat KJK Taruna AAL dan Satgas KJK KRI Bima Suci semoga selalu diberikan kelancaran dan keamanan.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan Passex yang kita laksanakan ini, dapat meningkatkan serta menambah ilmu dan pengalaman bagi para Taruna AAL sebagai calon calon pemimpin TNI AL/TNI dan bangsa masa depan yang sedang mengikuti Pelayaran ini," harap Palaklat KJK 2021 ini.

Selama pelaksanaan kegiatan paparnya, seluruh personel tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19, guna mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Pewarta : Suroto Anto Saputro