Gubernur AAL Ajak PJU Gowes Santai dan Cek Rute Hanmars Taruna Tingkat ll

Diterbitkan oleh Suroto pada Jumat, 24 September 2021 17:59 WIB dengan kategori Headline Nasional dan sudah 45 kali ditampilkan

SURABAYA
Jumat pagi  menjelang akhir pekan ini, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E.,M.M., M.Tr (Han) mengajak para Pejabat Utama (PJU) AAL melaksankan gowes santai sekaligus mengecek rute program Ketahanan Mars (Hanmas) bagi taruna AAL Tingkat ll Angkatan ke-69 dengan titik start dari Mako AAL Bumimoro menuju Gunungsari, Surabaya, Jumat (24/9/2021).

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Wagub AAL, Laksma TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han), Seklem AAL, Laksma TNl Syamsul Rizal, S.E., M.M., Kaopsjar, Danmen AAL dan para Kepala Departemen/Proagram Pendidikan AAL serta perwira pendukung lainnya.

Menurut Gubernur AAL, banyak cara yang dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh saat pandemi Covid-19, berolahraga teratur salah satunya. Setelah olahraga lari, jalan sehat, panahan, menembak, tenis lapangan, tenis meja dan badminton, kini kita coba bersepeda santai keluar kesatrian AAL.

Rute yang kita jalani hari ini lanjutnya, mulai dari Kampus AAL Bumomoro, keluar ke jembatan Bungkuk, Jl. Tanjung Sadari, Jl. Gresik, Jl. Dupak, Jl. Pasar Tembok, Jl. Arjuna, Jl. Pasar Kembang, Jl. Jarak, Jl. Raya Dukuh Kupang, Jl. Mayjed Sungkono, Jl. Raya Bukit Villa Mas, Jl. Gunungsari dan finish di Pusdikif Marinir, Kodikmar, Kodiklatal Surabaya sejauh 15.6 Km.

“Rute ini kita akan coba untuk pelaksanaan Hanmars Taruna AAL Tingkat ll Angkatan ke-69 pada 3 Oktober mendatang. Setelah beres pelaksanaan Latihan Praktek Menembak Kualifikasi Pistol di Kodikmar, Gunugsari, mereka kembali ke kampus AAL dengan berjalan kaki,” terang Gubernur AAL ini.

Kegiatan Hanmars sendiri tambahnya, merupakan kegiatan atau bentuk latihan prajurit dengan cara berjalan kaki untuk menempuh jarak tertentu dan melewati berbagai macam kontur medan di rute yang telah ditetapkan.

Menurutnya, olahraga apapun harus dilakukan dengan penuh kesadaran, bahwa manfaat akan kembali dirasakan oleh pribadi masing-masing. Olahraga bersama sepedah santai ini misalnya, juga dilakukan untuk menambah silaturahmi dan keakraban diantara sesama perwira, guna menciptakan lingkungan kerja yang kondusif untuk kinerja yang lebih baik lagi.

“Bersepeda adalah salah satu solusi terbaik untuk mengurangi dampak gaya hidup pasif,” ujar Gubernur AAL. Bersepeda mudah dilakukan, tidak memerlukan keterampilan fisik tingkat tinggi, tetapi baik untuk kekuatan, stamina dan kebugaran aerobic,” terangnya.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari olahraga ini antara lain  dapat mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, meminimalisir risiko diabetes, dan meningkatkan kesehatan mental, seperti depresi, stres dan kecemasan dapat dikurangi dengan mengendarai sepeda secara teratur.

Pewarta: Suroto Anto Saputro