Desa Air Payang Sasaran Baksos Taruna AAL Satlat KJK 2021

Diterbitkan oleh Suroto pada Ahad, 26 September 2021 11:30 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 57 kali ditampilkan

KALIMANTAN
Penjaga perbatasan Satgaspam Pulau Terdepan, Posal Pulau Laut di Desa Air Payang, Dusun Tanjung Batu Kec. Pulau laut, Kabupaten Natuna menjadi sasaran Bakti Sosial Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (KJK) 2021 KRI Bima Suci yang tengah menempuh pelayaran keliling nusantara Etape-8 Tarakan-Ranai kemarin, Sabtu 25/09/2021.

KRI Bima Suci yang dikomandani Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla, ketika posisi kapal berada perairan Pulau Laut kordinat 04°, 38", 231' Utara dan 107° 56", 580 Timur lego jangkar, kemudian menurunkan sekoci dan bersama Satlat KJK singgah untuk memberikan bantuan sosial kepada warga maritim di Desa Air Payang.

Menurut Perwira Pelaksana Latihan  KJK Taruna AAL 2021, Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan, M.Tr.Opsla mengatakan, singgah di pulau pulau terluar, tapal batas NKRI merupakakan pengalaman langka, yang tidak semua orang mendapatkannya.

Untuk itu, kesempatan yang diperoleh para Taruna AAL sebagai calon calon perwira TNI/TNI AL, bangsa masa depan ini, diharapkan dapat menjadi pondasi kuat dalam membentuk karakter perwira yang tangguh, pengawal NKRI.

Hal ini terangnya, selaras dengan semboyan yang diusung KJK AAL tahun 2021, "Keliling Negeri, Teguhkan Karakter Pengawal  Negara Kesatuan Republik Indonesia"

Singgah dan menyambangi personel TNI penjaga perbatasan dan masyarakatnya ini lanjutnya, juga sekaligus bersilaturahim, memberikan motivasi, jiwa korsa dan memberikan bantuan kebutuhan harian, guna ikut meringankan beban warga maritim.

"Aksi sosial ini, juga sekaligus sebagai upaya nyata bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi AAL, dalam pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara," terang Palaklat.

Kehadiran rombongan Taruna Satgas KJK 2021 di pulau yang dihuni 312 kepala keluarga ini, disambut Wadan Satgas Pulau Terluar (Satgas Puter) Pulau Sikatung, Serma Marinir Tayuri, wakil Camat Pulau Laut, Winarto, Kepala Desa Air Payang, Edi Sentani, Ketua BPD Air Payang, Hendri, Tokoh Masyarakat, Sofyan dan Marani serta masyarakat lainnya.  

Bantuan sosial yang diserahkan ini tambahnya, berupa paket sembako dan alat kesehatan (semprotan disinfektan) yang diterima secara simbolik oleh Kepala Desa Air Payang untuk kemudian didistribusikan kepada warga sekitar.

Tampak hadir dalam penyerahan Bansos tersebut Komandan Satgas Kartika Jala Krida (KJK) Taruna Akademi TNI AL angkatan 68 tahun 2021 yang sekaligus Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo didampingi Kadeplog KRI Bima Suci Kapten Laut (S) Mico Prama, Paping Taruna Letda Laut (S) Hanifah, perwakilan ABK KRI Bima Suci dan perwakilan dari Taruna AAL.

Pewarta: Suroto Anto Saputro