Bangun SDM Unggul, Taruna AAL Korps Pelaut Jalani Latihan Manuvra Taktis

Diterbitkan oleh Suroto pada Senin, 27 September 2021 14:27 WIB dengan kategori Headline Nasional dan sudah 79 kali ditampilkan

SURABAYA - JATIM
Dalam upaya membangun sumber daya manusia unggul, selama sepuluh hari kedepan, sebanyak 38 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lV Angkatan ke-67 akan digembleng dalam Latihan praktek (Lattek) Manuvra Taktis (Mantak) TA.2021 untuk meningkatkan profesionalisme sebagai prajurit matra laut yang digelar di ASTT Puslatlekdalsen, Kodiklatal, Surabaya.

Hal tersebut dikatakan Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL Letkol Laut (P) Dodi Hermanto, M.Tr.Hanla., mewakili Gubernur AAL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han)., saat memimpin upacara pembukaan Lattek Mantak 2021 di Gedung Bawean,  Deppel,  Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Senin (27/9/2021).

Menurut Kadeppel AAL, Lattek Mantak merupakan salah satu kegiatan lapangan yang secara periodik dilaksanakan sesuai dengan jadwal kalender akademik dan kurikulum pendidikan bagi Taruna Korps Pelaut di Deppel AAL.

Menurutnya, Lattek Mantak kali ini direncanakan berlangsung selama 10 yang dilaksanakan di Action Speed Tactical Training (ASTT) Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen), Kodiklatal.

Tujuan dari Lattek ini lanjutnya, adalah untuk mendidik dan membekali para Taruna agar memiliki keterampilan tentang komunikasi dan manuvra taktis serta olah gerak taktis kapal, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan untuk melaksanakan tugas sebagai perwira Divisi KRI.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata, concern Lembaga AAL dalam upaya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Taruna AAL, terutama Taruna Korps Pelaut, selain itu latihan Mantak ini merupakan latihan puncak sebelum para Taruna melaksanakan Lattek Jalayudha," ungkapnya.

Adapun sasaran dari latihan ini terangnya, Taruna diharapkan mampu mengetahui dan menerapkan penggunaan Buku Petunjuk Taktis Manuvra Armada dan ATP dalam Manuvra Kapal baik formasi tunggal atau divisi.
 
Dalam kesempatan tersebut, kadeppel juga menekankan kembali pesan Gubernur AAL bahwa pelaksanaan Lattek Mantak bagi Taruna AAL ini sesuai dengan Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, profesional dan tangguh.

Pewarta: Suroto Anto Saputro