Diskominfo Jateng Gelar Monev Kontributor Berita Daerah Website Jatengprov

Diterbitkan oleh Suroto pada Rabu, 29 September 2021 09:10 WIB dengan kategori Headline Jawa Tengah dan sudah 415 kali ditampilkan

KOTA PEKALONGAN

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kontributor Berita Daerah Website Jatengprov.go.id, Selasa (28/09/2021) bertempat di Hotel Santika Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Acara yang dihadiri oleh jajaran Diskominfo Jateng itu diikuti oleh kontributor Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, dan menghadirkan 2 narasumber, yaitu Setiawan Hendra Kelana dari Sekretaris PWI Jawa Tengah dan Chandra Adhie Nugroho dari surat kabar Kedaulatan Rakyat.

Dalam sambutannya memalalui virtual, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Retnaningrum, S.H., sangat mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan ini, karena ia menilai peran para kontributor jatengprov.go.id sangat penting dalam menginformasikan kebijakan, program dan kegiatan serta hasil-hasil pembangunan di daerah masing-masing kepada masyarakat Jawa Tengah pada khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya, bahkan kepada dunia dipublikasikan melalui media website.

Menurut Riena, bahwa hasil-hasil pembangunan maupun berbagai kebijakan, program dan kegiatan yang direalisasikan oleh Pemerintah, tidak akan dapat diketahui oleh masyarakat luas jika tidak dikomunikasikan melalui media. Untuk itu, para kontributor daerah selaku Aparat Sipil Negara yang berada di Provinsi, maupun Kabupaten/Kota mempunyai kewajiban memviralkan hasil-hasil pembangunan tersebut.

“Saya mengamati dengan intensif bahwa berita-berita yang Saudara kirimkan merupakan kegiatan pemerintah Kabupaten Kota yang terkait dengan kepentingan masyarakat luas, sehingga informasi yang dihadirkan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini terbukti banyaknya respon dari masyarakat luas terkait dengan pemberitaan dari Kabupaten/Kota,” terang Riena.

Kepala Diskominfo Jateng juga mengungkapkan, pihaknya mendapat laporan bahwa berdasarkan evaluasi sementara sampai dengan bulan Agustus 2021, realisasi pelaksanaan berita daerah jatengprov.go.id secara umum telah terlaksana dengan baik, dan berita daerah yang terupload ke website jatengprov.go.id sudah sesuai dengan harapan. Meskipun pandemi Covid-19 masih berjalan, berita dari Kabupaten/Kota yang dikirimkan merupakan tetap up to date, dan tidak basi. Hal itu menunjukkan adanya keseriusan para kontributor berita daerah jatengprov.go.id.

Ia tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada para kontributor yang telah bekerja dengan baik dalam mendukung pelayanan dan keterbukaan informasi publik melalui website jatengprov.go.id.

“Ucapan terima kasih saya sampaikan juga kepada narasumber dan moderator, dari PWI dan Pemkot Pekalongan atas sinergitas dan kerjasamanya, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara yang Insha Allah dapat berjalan baik dan lancar, serta memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan kualitas dan kompetensi para kontributor maupun bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutup Kepala Diskominfo Jateng mengakhiri sambutannya, sekaligus membuka acara.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber. Pertama disampaikan oleh Setiawan Hendra Kelana yang memaparkan terkait dengan isi berita dan mengangkat potensi-potensi daerah. Sedangkan Chandra Adhie Nugroho memaparkan cara praktis sajikan foto jurnalistik sebagai perangkat pendukung berita.

Usai acara, Heri Susanto, S.H., salah satu peserta Kontributor dari Kabupaten Kendal mengatakan, kegiatan Monev ini sangat bermanfaat untuk kelancaran ke depannya. “Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi kami selaku kontributor di daerah, selain untuk meningkatkan kemampuan mengolah berita, juga tercipta keselarasan secara teknis pengiriman berita yang akan dimuat di website jatengprov.go.id, sehingga informasi yang disajikan akan lebih bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Suroto Anto Saputro