Resmi Ditutup, 106 Taruna AAL Tingkat IV Selesaikan Latihan Praktek Kepemimpinan II

Diterbitkan oleh Suroto pada Jumat, 3 Desember 2021 19:44 WIB dengan kategori Headline Nasional dan sudah 624 kali ditampilkan

SURABAYA
106 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lV Angkatan ke-67 berhasil selesaikan Latihan Praktek Kepemimpinan ll TA.2021 yang digelar selama sepekan dan ditutup secara resmi oleh Kepala Departemen Kepemimpinan (Kadeppim) AAL, Kolonel Marinir Rajiman, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., mewakili Gubernur AAL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han), di Gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Jumat (3/12).

Latihan Praktek Kepemimpinan II yang dimulai 29 November hingga 3 Desember 2021 ini, diikuti 38 Taruna Korps Pelaut, 14 Taruna Korps Teknik, 14 Taruna Korps Elektronika, 15 Taruna Korps Suplai dan 25 Taruna Korps Marinir. Lattek mengambil lokasi latihan di Kesatrian AL Bumimoro dan daerah Gisik Cemandi, Juanda, Sidoarjo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, Kadeppim AAL berharap tujuan Latteki dapat tercapai, yaitu  para taruna mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam pengambilan keputusan, pembangunan tim dan pengembangan kerjasama antar kelompok.

Dalam Lattek ini lanjutnya, ditujukan pula untuk menumbuhkan dan membangun kepercayaan diri, motivasi diri, kejujuran dan keberanian dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan para Taruna AAL yang dipersiapkan menjadi pemimpin TNI/TNI AL kedepan yang handal dan profesional.

“Tercapainya pengembangan sikap kepemimpinan khususnya aspek kemampuan mengendalikan diri, antusiasme yang tinggi, objektifitas menyatakan pendapat dan keteladanan dalam perilaku, menjadi sasaran yang ingin dicapai dalam Lattek ini,” terangnya.

Usai lattek Kepemimpinan ll ini tambahnya, diharapkan juga para Taruna memiliki sikap, percaya diri dan penghargaan terhadap orang lain, tercapainya keterampilan komunikasi dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat, serta tercapainya keterampilan berpikir sistematis.

Hal ini terangnya, sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL  yang unggul.

“Untuk itu mereka selama sepekan ini, telah mendapatkan berbagai materi, diantaranya tentang Self Leadership (Tipologi dan Johari Window), Outdoor Exercise  berupa Target & strategi, Traffic Jam, Building House, Billyard 5, Collect poin (cad) dan materi lainnya serta diakhiri dengan tugas makalah yang harus disusun dan dipresentasikan oleh tiap kelompok,” paparnya.

Tampak hadir pada acara penutupan kali, Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Laut (KH) Syukur, S.Pd., M.Pd., Perwira Operasi Latihan (Paopslat) Mayor Marinir Hendrik, dan staf pelatih lainnya.

Suroto Anto Saputro