IKADI Tanjungpinang Akan Gelar Itikaf 10 Malam Terakhir Ramadan 

Diterbitkan oleh Saiful pada Rabu, 20 April 2022 04:42 WIB dengan kategori Khazanah Tanjungpinang dan sudah 199 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG - Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kota Tanjungpinang akan menggelar itikaf selama 10 hari terakhir bulan Ramadan. Kegiatan ini dimulai pada Jumat (22/04/2022) malam di Masjid As Sakinah. Hal ini seperti yang disampaikan Ketua IKADI Kota Tanjungpinang Rizha Hafizh baru-baru ini kepada wartawan.

Menurutnya, Itikaf merupakan kegiatan amalan berdiam diri di masjid dan melakukan kegiatan amalan lainnya di dalam masjid seperti tadarus Al-Qur’an hingga qiyamulail shalat malam.  Sebenarnya i’tikaf dapat dilakukan setiap saat, tetapi khususnya di bulan Ramadan i’tikaf lebih dianjurkan. Itikaf di bulan Ramadan dianjurkan terutama di sepuluh malam terakhir.

"Ini merupakan kebiasaan Rasulullah SAW dan banyak hadis shohih yang meriwayatkan hal tersebut, jadi kita manfaatkan 10 malam terakhir Ramadan ini dengan i'tikaf dan ini terbuka untuk umum, untuk tempat Insya Allah akan kita mulai Jumat malam 22 April 2022 di Masjid As Sakinah," kata Ustadz Rizha Hafizh.

Pimpinan Rumah Tahfidz Markaz Quran Kepri ini juga mengungkapkan kegiatan i'tikaf ini terbuka untuk masyarakat muslim secara umum.

"Jadi silahkan kita beramai-ramai untuk menghidupkan 10 malam terakhir bulan Ramadan ini, jangan sampai kita lengah 10 malam terakhir inilah banyak fadhilah yang bisa kita jemput dan ambil, kita ingin menjemput malam lailatul qadar via itikaf ini dimana begitu banyak ampunan yang Allah berikan, kalau Allah sudah ampuni kita Insya Allah berbagai persoalan hidup akan teratasi dan Allah garansi kita ditempatkan di syurga Firdaus Nya kelak ketika ajal menjemput kita kelak," tutup Rizha Hafiz.

IKADI Tanjungpinang dalam hal ini juga menggandeng berbagai komunitas dakwah yang ada seperti Himpunan Dai Muda Indonesia (HDMI), Laznas Yakesma Cabang Kepri, Gang Quran, Yayasan Ulum Ilmi, Salimah dan Masjid As Sakinah. IKADI hadir untuk memperkuat dan membumikan sunnah Rasullullah utamanya di bumi segantang lada, Tanjungpinang, Kepulauan Riau.