Challenge Kewirausahaan: Unleash Your Creativity To be A Youngpreneur

Diterbitkan oleh Saiful pada Ahad, 19 Juni 2022 11:56 WIB dengan kategori Kepri Terkini Pemuda Suara Mahasiswa Suara Pelajar Tanjungpinang dan sudah 154 kali ditampilkan

Oleh: Suci Kirani Aprilia Putri

TANJUNPINANG - GenBI Kepri Komisariat Universitas Maritim Raja Ali Haji Divisi Kewirausahaan telah melaksanakan kegiatan Challenge Kewirausahaan dengan tema ,"Unleash Your Creativity To be A Youngpreneur". Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis 09 Juni 2022 dan Sabtu 18, Juni 2022 yang berlokasi di Sekretariat GenBI Kepri, Jl. Kuantan No. 21 B Lantai 2. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan sebagai wujud sarana kreatifitas anggota GenBI Kepri agar mampu menciptakan produk yang menghasilkan nilai jual. Challenge Kewirausahaan merupakan program kreativitas semua Anggota GenBI dengan diberikan modal kepada setiap Divisi GenBI Kepri dengan jangka waktu 1 minggu, dimana  setiap Divisi harus mampu membuat dan menjual sebuah produk sehingga dapat menghasilkan keuntungan.

Kegiatan ini dimulai pada Kamis 09 Juni 2022 pukul 13.00 – 14.25 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh delagasi dari perwakilan divisi. Pada hari tersebut kegiatan yang berlangsung yaitu pembukaan, technical meeting dan pemberian modal Challenge Kewirausahaan kepada setiap delegasi dari perwakilan divisi. Lalu kegiatan ini dilanjutkan kembali pada Sabtu, 18 Juni 2022 pada pukul 08.00 – 12.00 WIB yang dimana hari tersebut merupakan hari puncak dan diikuti oleh seluruh anggota GenBI Kepri. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan kolaborasi bersama Divisi Kominfo yang bentuk kegiatannya membuat video dokumentasi terkait proses penjualan selama 1 minggu.

Hari tersebut diisi dengan salah satu kegiatan yaitu pelatihan laporan keuangan, narasumber pada kegiatan tersebut adalah Refda Shinty selaku Demisioner dari GenBI Kepri Komsat UMRAH. Pelatihan laporan keuangan ini bertujuan untuk mengajarkan kepada anggota GenBI Kepri bagaimana cara mengelola laporan keuangan yang baik dan benar pada sebuah penjualan.

Kegiatan Challenge Kewirausahaan ini dimenangkan oleh Divisi Pendidikan karena memiliki hasil penjualan yang paling banyak dan dalam kategori video dokumentasi penjualan dimenangkan oleh Divisi Kesehatan Masyarakat.

Ketua pelaksana Almar Ananda juga menyampaikan harapannya terkait kegiatan Challenge Kewirausahaan ini, "Semoga kedepannya, kita mampu menciptakan kreativitas dan inovatif produk kewirausahaan yang mempunyai nilai jual di masyarakat. Tidak hanya itu, mampu mengelola keuangan modal usaha sedemikian efektif. Sehingga melatih kemampuan dalam mengelola keuangan untuk kedepannya ".