Antisipasi Wabah PMK, Polsek Limbangan Lakukan Edukasi Dan Imbauan Kepada Pemilik Hewan Ternak

Diterbitkan oleh Suroto pada Kamis, 14 Juli 2022 14:28 WIB dengan kategori Daerah Jawa Tengah dan sudah 315 kali ditampilkan

KENDAL - JATENG

Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Limbangan terus melakukan pemantauan kesehatan hewan di sejumlah peternakan sapi milik warga. Hal itu dilakukan setelah adanya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) diberbagai wilayah di Indonesia.

Adapun langkah yang dilakukan Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Desa Tamanrejo Kecamatan Limbangan  yakni melakukan pemantauan secara langsung dan mendata kondisi kesehatan hewan ternak di kandang peternak sapi Bapak Sabarno serta kandang kambing milik Dompet Duafa Jateng Desa Tamanrejo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, Kamis (14/7/2022).

Kapolsek Limbangan AKP Rasban SH menjelaskan, adanya kasus PMK di berbagai wilayah maka pihaknya mengambil langkah antisipasi dengan melibatkan seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Limbangan untuk melakukan pemantauan di wilayah binaan.

“Selain  memberikan sosialisasi kewaspadaan akan PMK serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait wabah penyakit PMK tersebut dan untuk hari ini ada 107 ekor sapi di wilayah Desa Tamanrejo dalam kondisi sehat tidak terpapar penyakit PMK,” jelas Kapolsek Limbangan.

Lebih lanjut, Kapolsek Limbangan juga menambahkan, dalam melakukan pencegahan dan pengecekan kesehatan seluruh hewan ternak di setiap lokasi peternakan, seluruh wilayah hukum Polsek Limbangan mendatangi satu per satu para peternak untuk mengecek kesehatan sapi.  

"Ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada hewan yang sudah terkena PMK dan apabila ada gejala penyakit PMK  maka peternak segera melaporkan ke Dinas Peternakan agar dilakukan pengobatan secara intensif",pungkas AKP Rasban.

Suroto Anto Saputro