Pengabdian Masyarakat: Melangkah Bersama GenBI UMRAH, Mewujudkan Desa Produktif dan Sejahtera

Diterbitkan oleh Saiful pada Senin, 12 Desember 2022 09:32 WIB dengan kategori Pendidikan Suara Mahasiswa Tanjungpinang dan sudah 144 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG - Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Generasi Baru Indonesia Kepulauan Riau Komisariat Universitas Maritim Raja Ali Haji, kali ini diselenggarakan selama dua hari kegiatan pada tanggal 10-11 Desember 2022 dengan tema “Melangkah bersama GenBI UMRAH, Mewujudkan Desa Produktif dan Sejahtera”. Hal ini berkaitan dengan sebagaimana fungsi GenBI yaitu Frontliners Bank Indonesia, Agent of Change, dan Future Leaders. Dengan tujuan untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia melalui perbaikan kualitas sumber daya manusia, dengan pendekatan bidang pendidikan, kewirausahaan, kesehatan masyarakat serta lingkungan hidup. Melalui prinsip learning society maupun learning community terhadap masyarakat, agar memiliki kemampuan produktif yang dapat bersaing dengan baik. Serta, menjadi komunikator dalam menjelaskan kebijakan Bank Indonesia, melalui kegiatan Sosialisasi. Sehingga, dapat meningkatkan kepedulian dan kepekaan sosial komunitas GenBI Kepri Komisariat UMRAH terhadap permasalahan yang terjadi dalam sosial masyarakat Kampung Tanjung Kapur.

Berlangsungnya pembukaan acara dipandu oleh MC, dengan hadirnya Bapak Abu Bakar selaku Ketua RT 4 Kampung Tanjung Kapur dan Bapak Saidi selaku Ketua Organisasi Pemuda Kampung Tanjung Kapur dalam memberikan kata sambutan. Serta,  masyarakat setempat yang turut meramaikan kegiatan GenBI Mengabdi ini. Tidak lupa, “Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada masyarakat setempat Kampung Tanjung Kapur yang sudah sangat welcome kepada kami GenBI UMRAH melaksanakan kegiatan pengabdian ini sekaligus bersilaturahmi" Kata Ketua Pelaksana. “Lewat senyum serta antusiasnya masyarakat sehingga kami merasakan bahwa kami dapat diterima di Kampung, harapannya kami dapat berkegiatan disini lagi, bertemu warga setempat, bapak, ibu, serta anak-anaknya untuk melakukan program kerja dikemudian hari” Kata Ketua Umum GenBI KEPRI Tahun 2022.

Tak hanya itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga didukung dengan program kerja dari setiap divisi GenBI UMRAH. Di hari pertama kegiatan, Divisi kewirausahaan mengadakan Talk Show Kewirausahaan, dengan tujuan untuk menumbuhkan dan membangkitkan serta mengembangkan jiwa berwirausaha di Kampung Tanjung Kapur. Lalu, dilanjutkan dengan kegiatan GenBI Creative Class oleh Divisi Pendidikan untuk pemanfaatan barang bekas yang dijadikan tabungan sehingga memberikan dampak positif terhadap minat anak-anak untuk menabung agar menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Kemudian, dengan pemanfaatan serabut kelapa, Divisi Lingkungan Hidup menjadikannya sebuah kerajinan “kokedama”. Keseruan dalam silaturahmi ini tidak sampai disitu saja, banyak kegiatan lainnya bersama masyarakat dengan games asik seperti estafet air, estafet karet dan hidden object. Dihadirkannya kegiatan nonton bareng membuat kegiatan ini semakin tak terlupakan.

Selanjutnya, dihari kedua yang mana sebagai hari penutup kegiatan pengabdian masyarakat ini. Diawali dengan Jalan Santai bersama masyarakat Kampung Tanjung Kapur yang disemarakkan dengan adanya doorprize menarik oleh Divisi Kesehatan Masyarakat. Lalu, agar semakin eratnya GenBI UMRAH mengadakan gotong royong bersama masyarakat Kampung Tanjung Kapur dengan membersihkan lingkungan sekitar. Dan kegiatan pengabdian masyarakat ini diakhiri kembali oleh MC dengan pemberian cinderamata serta tong sampah melalui Elisabet Damaiyana selaku Ketua Umum GenBI UMRAH dan Anita Yusfaddillah selaku Ketua Pelaksana kegiatan Pengabdian Masyarakat tahun 2022 ini.