Bupati Asahan Resmi tutup Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN)

Diterbitkan oleh Saiful pada Ahad, 5 Maret 2023 00:00 WIB dengan kategori Asahan dan sudah 191 kali ditampilkan

ASAHAN - Sejak resmi dibuka 7 hari silam, Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke- 54 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023 resmi ditutup.

Bupati Asahan yang dilaksanakan di Lapangan Bola Desa Perkebunan Aek Tarum Kecamatan Bandar Pulau tersebut, Minggu (05/03/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Asahan, Forkopimda/mewakili, Sekda Kabupaten Asahan, Para Asisten Setdakab Asahan, Finance Director PT Bridgestone Aek Tarum beserta jajaran, Ketua MUI, Ketua LPTQ, Ketua LASQI, Ketua Tim Imtaq, Kakan Kemenag, Camat Se- Kab. Asahan, Dewan Hakim MTQN, OKP, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para peserta, dan masyarakat.

Ketua Panitia Penyelenggara MTQN Tingkat Kabupaten Asahan Buwono Prawana dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQN ke- 54 Tingkat Kabupaten Asahan telah berjalan dengan baik dan lancar.

“Sembilan cabang yang diikuti oleh peserta dari 25 Kecamatan telah selesai dinilai dan akan diumumkan oleh Dewan Hakim pemenangnya pada hari ini. Selanjutnya saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini, khususnya kepada Camat Bandar Pulau dan PT. Bridgestone Perk. Aek Tarum yang telah memfasilitasi pelaksanaan MTQ, serta memfasilitasi penginapan bagi Dewan Pengawas, Dewan Hakim, Panitera dan Peserta MTQN Tingkat Kabupaten Asahan”, ucap Buwono.

Sementara Finance Director PT Bridgestone Aek Tarum Ken Wakamatsu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk berkontribusi kepada Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Asahan.

“Hal ini juga merupakan bentuk komitmen PT Bridgestone dalam meningkatkan sumber daya manusia, dan saya berharap hal ini dapat berkesinambungan. Saya juga mengucapkan terima kasih atas pemilihan perkebunan aek tarum sebagai lokasi kegiatan, karena hal ini juga memberi dampak bagi peningkatan perekonomian di desa ini”, ucapnya.

Di tempat yang sama Bupati Asahan mengawali sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada PT Bridgestone Aek Tarum atas kerjasamanya dan berharap hal tersebut dapat terus berlanjut di segala bidang.

Bupati juga menyampaikan bahwa Pemkab Asahan tetap komitmen untuk memanfaatkan segala potensi yang ada di Kabupaten Asahan agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Karenanya saya mendukung keberadaan PT Bridgestone Aek Tarum yang selama ini telah banyak memberi manfaat kepada masyarakat Kabupaten Asahan dan berharap ke depan hal tersebut dapat lebih ditingkatkan”, ucap Bupati.

Selanjutnya Bupati meminta kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan seluruh pihak yang terkait agar mengevaluasi pelaksanaan MTQ di Kabupaten Asahan yang telah dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Desa/Kelurahan hingga ke tingkat Kabupaten.

“Pelaksanaan Musabaqah merupakan sebuah wahana untuk memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al Quran dan kegiatan ini tidak boleh berhenti sampai disini, karena semangat untuk membaca dan menghayati kalam Allah harusnya dipandang sebagai kebutuhan dan kewajiban bagi setiap muslim”, pinta Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengucapkan selamat kepada para peserta yang berhasil meraih kemenangan, dan kepada yang belum berhasil, Bupati berharap agar terus berlatih dan tetap semangat untuk mengikuti ajang di waktu yang akan datang.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan MTQN Ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023 ini.

“Saya juga sampaikan bahwa seperti tahun sebelumnya, kepada peserta yang meraih terbaik pertama pada cabang Tilawatil Quran Golongan Dewasa Putra dan Putri serta cabang Hifzil Quran Golongan 30 juz Putra dan Putri akan mendapatkan hadiah biaya pelaksanaan ibadah umroh ke Baitullah. Terakhir, mari kita tetap bersama menjadikan Al Quran sebagai pedoman untuk menyebarkan kebaikan, menambah pengetahuan demi keselamatan hidup di dunia dan akhirat”, ajak Bupati.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pengumuman pemenang oleh Ketua dan Sekretaris Dewan Hakim MTQN Ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan serta penyerahan trophy dan hadiah kepada pemenang oleh Bupati Asahan beserta tamu dan undangan.

Adapun peserta yang berhasil mendapatkan hadiah biaya umroh pada tahun ini sebanyak 2 orang, yang berasal dari Cabang Tilawah Golongan Dewasa Putra dan Putri dan kafilah yang berhasil menyabet juara umum pada perhelatan MTQ tahun ini adalah Kecamatan Air Joman.(fra)