Komunitas Peduli Kampung Sendiri Tanjungpinang Waqaf 100O Paket Quran

Diterbitkan oleh Saiful pada Sabtu, 25 Maret 2023 16:25 WIB dengan kategori Kepri Terkini Khazanah Tanjungpinang dan sudah 397 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG - Ketua Komunitas Peduli Kampung Sendiri (KPKS) Raja Dachroni meluncurkan program wakaf Quran pada Sabtu (25/03/2023).

Program ini diluncurkan sempena bulan suci Ramadan 1444 Hijriah dan upaya untuk memberantas buta huruf Alquran. 

Seperti yang diungkapkan berbagai riset di Indonesia di tahun 2022 Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin mengingatkan sebanyak 65 persen umat Islam di Tanah Air tidak bisa membaca Alquran. Sementara versi IIQ menyebutkan ada 75 persen penduduk di Indonesia.

"Coba bayangkan jumlah penduduk Indonesia mayoritas muslim tapi belum bisa baca Quran, dan ini juga ada di Tanjungpinang, kita ingin dari gerakan wakaf Quran ini kita bisa berantas buta huruf Alquran," kata Raja Dachroni.


Ditambahkannya, KPKS Tanjungpinang membuka donasi wakaf senilai Rp 100.000 ribu perpaket selama Ramadan dengan target 1000 wakaf Quran.

"Untuk penyalurannya kita bekerjasama dengan lembaga wakaf, satu diantaranya Laznas Yakesma, kita ingin bekerjasama dengan lembaga resmi yang diakui negara jadi bisa dengan siapapun, kebetulan saat ini dengan Laznas Yakesma. Sementara untuk penghimpunan wakaf KPKS Tanjungpinang membuka kerjasama dengan berbagai komunitas sosial dan bisnis seperti Komunitas Sehat Herbal dan Nusantara Superteam HNI," jelas Raja Dachroni.


Ditambahkannya Quran wakaf yang dipilih adalah Quran yang memiliki petunjuk bacaan, sehingga nanti bisa dipelajari mandiri.

"Quran yang kita wakafkan juga kita pilih yang bisa membantu orang-orang yang belum bisa baca Quran, target kita selama Ramadan ini 1000, semoga saja tercapai, tapi kita akan usahakan gerakan ini terus sepanjang tahun karena jumlah buta huruf Alquran sangat banyak" kata Dachroni.

Dia menambahkan masyarakat yang ingin terlibat dalam program wakaf tersebut bisa menghubungi link berikut https://s.id/KonfirmasiYKM.

"Alhamdulillah teman-teman sangat antusias, kita bikin target aja 1000 Quran tercapai atau tidak yang penting kita usaha saja dulu, semoga Allah karuniai keberkahan untuk masyarakat yang terlibat pada program ini," tutup Raja Dachroni