43,3 Persen Bacaleg PKS Tanjungpinang Kaum Perempuan

Diterbitkan oleh Saiful pada Sabtu, 13 Mei 2023 19:58 WIB dengan kategori Politik Tanjungpinang dan sudah 307 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG - PKS telah resmi mendaftarkan 30 Bakal Calon Anggota DPRD (BCAD)  Tanjungpinang ke KPU hari ini Jumat (12/05/2023). Uniknya, 43,3 Persen BCAD PKS di Tanjungpinang adalah perempuan melebihi dari kuota yang ditentukan. PKS tidak ingin perempuan hanya sekedar penuhi kuota tapi bisa benar-benar bisa masuk parlemen dan berkipirah di panggung politik serta siap menjadi petugas rakyat.

Hal ini seperti diungkapkan Raja Dachroni Ketua Satgas Pemenangan Pemilu yang juga merupakan Sekretaris DPD PKS Tanjungpinang. Menurutnya ini membuktikan PKS tidak menempatkan perempuan hanya memenuhi kuota.

"Alhamdulillah 43,3 persen BCAD kita diisi oleh perempuan yang merakyat dekat dengan masyarakat dan memiliki aktifitas sosial di tempatnya masing-masing, ada yang milineal dan ada juga yang memang sudah purna tugas pengabdian di ASN dan berpengalaman cukup lama di pemerintahan, kita ingin menginformasikan bahwa kita tidak ingin kaum perempuan hanya sekedar memenuhi kuota sesuai aturan 30 persen," kata Raja Dachroni.

Jika dipetakan perdapil , Dapil 2 Kelurahan Pinang Kencana 50 persen paling banyak mereka adalah Irawati, S.PdI konselor keluarga yang juga merupakan putri almarhum tokoh ternama HM Sadar, Evri Yossi, S.Kom pegiat majelis taklim dan Sri Sugiharti purna tugas sebagai ASN. 

Dapil 2 paling banyak perempuannya secara presentase, selanjutnya disusul Dapil 1 Tanjungpinang Barat dan Kota ada 44 persen yakni Bhidadari milineal, Nurun Nufus aktifis sosial di Kampung Teladan, Sulastri akrifis perempuan dan anak serta Indriana Esthi Wulandari mantan aktifis pergerakan mahasiswa.

Dapil 4 43 persen urutan ketiga paling banyak yaitu Marini Ismail tokoh perempuan, Juriah aktifis sosial,  Sri Rumiati aktifis majelis taklim. Paling sedikit 38 persen dari Dapil 3 yakni Sri Saurina, Ryawani dan Dhina keduanya milineal Tanjungpinang.

"Kita ingin  perempuan lebih berperan dan mereka yang kita calegkan punya rekam jejak sosial yang sangat baik dan terpenting siap bekerja dan melayani masyarakat nanti jika Allah menakdirkan salah satu diantara mereka jadi Anggota DPRD nanti," kata Raja Dachroni.

Dengan demikian dari total 30 Bacaleg 13 di antaranya adalah perempuan sisanya 17 adalah laki-laki.

Sementara untuk tingkat  DPRD Kepri Dapil Kepri 1 Tanjungpinang PKS mencalegkan 2 perempuan yakni Ketua DPD PKS Tanjungpinang Ismiyati dan Dwi Saptarini milineal Tanjungpinang.