Ratusan Warga Tegalsari Ikuti Sosialisasi Program Strategis Bagi UKM Bersama Harris Turino

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Ahad, 9 Juli 2023 20:28 WIB dengan kategori Jawa Tengah Politik dan sudah 344 kali ditampilkan

TEGAL - Anggota DPR RI Komisi VI, Fraksi PDI Perjuangan Dr.Ir. Harris Turino, SH., MSi., MM bersama Kementerian Koperasi RI menggelar sosialisasi program strategis Kementerian Koperasi dan UMK RI yang diselenggarakan Minggu sore (9/7/2023) di gedung sanggar pramuka jalan Hangtua Kota Tegal. 

Hadir dalam kegitan tersebut Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro, ST, perwakilan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Tegal Supriyanto, serta ratusan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Supriyanto, A.Md Fungsional Pengembang Kewirausahaan Dinas Koperasi, UKM & Perdagangan Kota Tegal menyatakan bahwa terus berkomitmen untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kota ini. Banyak upaya yang bisa dilakukan dalam hal pendanaan usaha. Ada beberapa upaya diantaranya bisa bekerjasama dengan anak perusahaan dari BRI, PT. PNM dan Pegadaian.  Pelaku usaha bisa mendapat bantuan dengan bunga ringan dengan pinjaman sampai Rp 10 juta. 

Sementara itu Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro, ST mengatakan akan mendorong UMKM ini akan terus kita percayakan, apalagi bahwa kita sekarang lagi ada pembahasan kerja tentang toko eceran dan Pedagang Kaki Lima (PKL), pemberdayaan kaki lima sehingga kedepan setelah kerja ini kita tetapkan langkah-langkah strategisnya adalah bagaimana orang para UMKM dan para Pedagang Kaki Lima (PKL) terutama lewat proses pemberdayaan terlebih dahulu dan penempatan mereka yang secara manusiawi.

“Jadi kita tidak ingin ada lagi proses penggusuran dan lain sebagainya, yang ada kita sekarang adalah proses penataan di beberapa titik penataan UMKM dan PKL ini kan lagi proses pembahasan di kerja pemberdayaan dan penataan PKL sehingga ketika ini sudah disepakati antara DPRD dengan Pemerintah Kota maka kedepan menjadi acuan dalam rangka untuk mengembangkan UMKM maupun PKL,” ujar Kusnendro.

Sedangkan Anggota DPR RI Komisi VI, Fraksi PDI Perjuangan Dr.Ir. Harris Turino, SH., MSi., MM menyampaikan Kegiatan sosialisasi ini sebagai pilar dari perekonomian Indonesia. Menurutnya, UMKM selama ini masih belum bisa tumbuh secara bagus sehingga banyak ke proyek-proyek UMKM bantuan-bantuan dari pemerintah yang saya sudah tarik dari Jakarta ke daerah pemilihan saya (Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes).

Selama ini belum tumbuh secara bagus, sehingga ada program dari pemerintah namanya rumah kemasan. Dimana program rumah kemasan ini nilainya hampir Rp 2 miliar. Program rumah kemasan ini menyasar di kabupaten Tegal dikarenakan Kabupaten Tegal ini merupakan  rumah produksi namun untuk Kota Tegal belum karena merupakan pusat perdagangan.

Dirinya berharap UKM akan lebih maju dan produksinya akan lebih bagus dan berkembang. Pelatihan pelatihan juga akan diberikan kepada pelaku UKM, ujar Haris.

Nantinya kedepan bersama Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro sedang merancang untuk pusat usaha kuliner di lokasi bekas pelabuhan (bekas Bank Mandiri) Tegalsari Kota Tegal,imbuhnya.