Kapolres Tegal Kota Pimpin Kegiatan TKJ

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Jumat, 15 September 2023 11:22 WIB dengan kategori Jawa Tengah dan sudah 242 kali ditampilkan

TEGAL - Untuk mewujudkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, perlu adanya berbagai kesiapan. Baik itu kesiapan sarana dan prasarana maupun personel yang mengawakinya.

Karena itu, Polres Tegal Kota melaksanakan pembinaan fisik personelnya melalui Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) secara berkala. 

Kegiatan TKJ ini berlaku untuk seluruh personel. Baik itu anggota Polri maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) pada lingkungan Polres Tegal Kota. Yang berlangsung di lapangan depan Mapolres setempat.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi, SH, SIK, MSi, menyampaikan, TKJ merupakan program Kesatuan Polri untuk menilai sejauh mana kemampuan fisik para anggotanya. Hal ini merupakan kegiatan yang terselenggara secara berkala pada setiap semester atau 6 bulanan.

"TKJ ini kita laksanakan dua tahap yaitu tahap semester 1 dan semester 2 dalam setiap tahunnya," ungkap Kapolres pada saat mengikuti TKJ, Jum'at (15/9/2023).

Dan untuk kali ini, lanjut Kapolres, merupakan tahap semester II pada tahun 2023. Yang terlaksana mulai kemarin Selasa 12 September sampai dengan Jum’at 15 September 2023.

Kapolres menambahkan, pada tes kesamaptaan jasmani itu, meliputi lari 12 menit dan push up. Kemudian sit up, pull up, chinning up untuk wanita serta shuttle run. 

Bagi para peserta sebelum mulai TKJ harus terlebih dahulu mengikuti pemeriksaan kesehatan. Baru kemudian melaksanakan pemanasan supaya tidak kaget saat pelaksanaan TKJ.

"Hasil tes ini nantinya akan kita gunakan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan karier bagi setiap personel. Baik itu promosi jabatan maupun kenaikan pangkat," imbuhnya.

Kapolres menyebut, adanya TKJ seperti ini bertujuan agar anggota Polri dan ASN Polri mempunyai fisik yang sehat dan kuat. Sehingga outputnya seluruh personel dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai harapan pimpinan dan masyarakat.

Kapolres juga berharap kepada seluruh anggotanya, agar dapat mengikuti TKJ ini dengan sungguh-sungguh. Namun dengan tetap mengedepankan faktor keselamatan bagi dirinya dan orang lain.

"Harapannya dengan adanya Tes Kesamaptaan Jasmani, setiap personel dapat menjaga kebugaran tubuhnya agar tetap prima. Sehingga dalam melaksanakan tugas kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dapat berjalan dengan maksimal, “pungkasnya.