Pengaruh Kreativitas dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Karyawan

Diterbitkan oleh Redaksi pada Senin, 16 Oktober 2023 20:05 WIB dengan kategori Opini Suara Mahasiswa dan sudah 364 kali ditampilkan

Opini: Dinda Meirany

STIE Pembangunan, Tanjungpinang, Indonesia

 

Membawa perubahan ke arah yang positif memerlukan SDM terpercaya yang dapat menemukan strategi yang tepat dan satu-satunya untuk memenangkan konkurensi. Kita tahu bahwa dalam organisasi ada faktor pegawai yang menjadi sumber motivasi untuk mencapai tujuan  organisasi dan berperan paling penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan tujuan organisasi. SDM atau biasa kita sebut dengan karyawan turut berperan dalam hal ini merencanakan, melaksanakan, memantau dan mengendalikan organisasi untuk mencapai misinya.

Hal ini merupakan peranan penting pegawai dalam suatu perusahaan, sehingga untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik maka pegawai harus bisa kreatif, inovasi dan efisiensi. Karyawan yang kreatif dapat menghasilkan pikiran cemerlang untuk produk dan layanan terbaik. Karyawan yang kreatif menunjukkan inisiatif besar untuk mengubah kondisi menjadi lebih baik dan menguntungkan perusahaan.

Dama dan Ogi (2018) mengatakan bahwa “Kinerja merupakan gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi dan misi organisasi yang dituangkan melalui perencanaan strategis suatu organisasi.” Simamora dalam Astuti, dkk (2019) mengatakan “Kinerja merupakan perilaku organisasional yang secara langsung berhubungan dengan produksi barang atau penyampaian jasa.” Kemudian Mangkunegara dalam Putra dan Bayu (2017) mengatakan bahwa “Kinerja karyawan (prestasi kerja) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.”

Kualitas sumber daya manusia adalah faktor yang paling penting dalam proses membangun seluruh negara, oleh karena itu kita harus memperbaikinya seiring berjalannya waktu. Setiap perusahaan bisa menggunakan sumber daya sesuai kebijaksanaannya dengan cara yang baik untuk mewujudkan nilai tambah bagi perusahaan untuk mencapai visi dan misinya bersama. Untuk mencapai tujuan perusahaan diperlukan sumber daya manusia kompetensi di bidangnya sehingga pegawai bisa mencapai standar kinerja yang ditujukan sebagai perbaikan efisiensi bisnis.

Putra dan Bayu (2017) mengatakan bahwa “Kreativitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dimana kreativitas yang semakin tinggi maka secara langsung kinerja karyawan semakin tinggi.” Sedangkan Aprianggi dkk (2018) mengatakan bahwa “Kreativitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dimana karyawan yang memiliki keahlian khusus dalam menyelesaikan persoalan dalam bekerja, sehingga pekerjaan yang dilakukan terselesaikan dengan tepat waktu dan lebih efektif dan juga lebih akurat.”

Kreativitas adalah sebuah keahlian untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik dalam suatu hal yang baru maupun suatu pemikiran baru yang diperoleh dengan  menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan mengubahnya menjadi sesuatu yang baru. Selain itu kreativitas juga membuat kita terkejut dengan peristiwa baru, karena dengan kreativitas kita dapat mewujudkan ide atau pemikiran besar kita menjadi kenyataan.

Faktor yang mempengaruhi kreativitas antara lain rangsangan, lingkungan, pengalaman hidup sebelumnya, dan kepribadian. “Misalnya ada orang yang berkepribadian terbuka, sehingga  lebih mudah mengembangkan kreativitasnya dibandingkan orang yang tidak memiliki pola pikir tersebut. Karena kreativitas sangat berperan dalam munculnya inovasi yang menunjang kesuksesan bisnis, maka penting bagi perusahaan untuk membantu para pekerjanya menghasilkan ide-ide kreatif kemudian dikembangkan, sehingga kreativitas mereka  menjadi kekuatan perusahaan untuk memenangkan persaingan.

Sebagai karyawan yang kreatif tentunya memberikan banyak dampak positif, baik untuk diri sendiri dan juga perusahaan, diantaranya:

1.         Dapat menghasilkan kinerja yang optimal

2.         Dapat menghadirkan inovasi terbaru

3.         Dapat meningkatkan produktivitas

4.         Mendorong kerja tim dan berkolaborasi

Mengembangkan kemampuan juga berarti Anda juga tumbuh ke arah yang lebih baik dan menyadari perlunya menyesuaikan kapabilitas Anda dengan kebutuhan bisnis. Berikut ini ada cara yang dapat dilakukan untuk mengasah kreativitas:

1.         Jangan membatasi diri

2.         Berkolaborasi dengan orang lain

3.         Jadikanlah hal kecil sebagai inspirasi

4.         Berani mengambil resiko

5.         Selalu mengedepankan rasa ingin tahu