Peringati HUT ke - 62 Brigif 4/Dewa Ratna Gelar Tasyakuran dan Pembagian Hadiah

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Kamis, 19 Oktober 2023 20:04 WIB dengan kategori Jawa Tengah dan sudah 390 kali ditampilkan

TEGAL - Dalam rangka memperingati HUT ke - 62 Brigif 4/Dewa Ratna Tegal menggelar acara syukuran dan pemberian hadiah perlombaan yang digelar di acara HUT yang bertempat di halaman mako Brigif 4/Dewa Ratna, Kamis (19/10/23).

Hadir dalam giat tersebut, Komandan Brigif 4/Dewa Ratna Letkol Inf Imir Faishal, Mayjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si Wadan Pussenif, Brigjen TNI Indra Heri, S.E Danpusdikif dan tamu undangan serta para perwira dan prajurit Brigif 4/Dewa Ratna.

Pada kesempatan itu pula Danbrigif 4/Dewa Ratna Letkol Inf Imir Faishal menyerahkan secara langsung para juara perlombaan yang digelar di acara HUT Ke-62 seperti lomba Drag Bike yang digelar. Beliau juga dalam kesempatan itu, menyerahkan reward kepada prajurit yang berprestasi serta anak prajurit yang menjadi juara lomba dan memberikan tali asih kepada masyarakat disekitar Mako Brigif 4/Dewa Ratna yang memang perlu perhatian. 

Danbrigif 4/Dewa Ratna Letkol Inf Imir Faishal dalam sambutannya mengatakan Brigade Infanteri 4/Dewa Ratna atau (Brigif 4/DR) merupakan satuan tempur setingkat Brigade yang membawahi 4 satuan yaitu Mako Brigade dan Detasemen Markas yang berkedudukan di Slawi, Tegal yang dulunya merupakan bangunan dari Eks Pabrik Gula Dukuhwringin, Yonif 405/SK yang berkedudukan di Wangon, Banyumas serta Cilacap, Yonif 406/CK yang berkedudukan di Purbalingga, dan Yonif 407 yang berkedudukan di Tegal dan Pekalongan. 

Brigif 4 kembali diaktifkan bersamaan diresmikannya 4 Brigif lainnya oleh KASAD Jenderal TNI Djoko Santoso pada tanggal 12 April 2007 di Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sebelumnya Brigif 4/Dewa Ratna dibekukan pada tahun 1984.

Brigade Infanteri 4/Dewa Ratna diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1961 di area Pabrik Gula Dukuhwringin yang sudah non-aktif, dan sejalan dengan dinamika yang terus berkembang, Brigif 4 Dewa Ratna ini sempat dibekukan pada tahun 1984, dan baru pada 12 April 2007, Brigif 4 Dewa Ratna kembali diaktifkan. Brigif-4/Dewa Ratna merupakan satuan tempur yang berada di bawah komando langsung Kodam IV/Diponegoro,ungkapnya.

Brigif-4/Dewa Ratna sesuai TOP ROI 95 mempunyai susunan yang terdiri dari 1 Detasemen Markas yang dikomandani oleh seorang Mayor dan 3 Yonif yang dikomandani oleh seorang Mayor atau Letkol, sedangkan yang mengomandani Brigif 4/Dewa Ratna adalah seorang Kolonel. Pengaktifan kembali Brigif - 4/Dewa Ratna sebagai satuan tempur yang memperkuat Kodam IV/Diponegoro dalam rangka mengemban tugas pokok TNI Angkatan Darat.