Di Mubes VIII IKA UNM, NH Sambut Baik Usul Simpul Muda UNM Sebagai Wadah Khusus

Diterbitkan oleh Admin pada Sabtu, 18 November 2023 11:16 WIB dengan kategori Headline Makassar dan sudah 413 kali ditampilkan

MAKASSAR - Musyawarah Besar (Mubes) ke VIII Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi digelar di Golden Ballroom B Lantai 1 Four Points By Sheraton Hotel, Kota Makassar, pada Jumat, (17/11/2023). Kemarin

Pada kesampatan yang sama juga Ketua Umum PP IKA UNM, Nurdin Halid, menyampaikan bahwa Mubes IKA UNM ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pengurus selama 5 tahun belakangan ini dan membuat program strategis 5 tahun kedepannya.

“Mubes ini ialah rutinitas. Berhubung periode untuk masa bakti 2018-2023 sudah berakhir, maka harus mengikuti tuntunan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga,” ungkap Nurdin Halid.

Diketahui Mubes IKA UNM ke VIII ini seharusnya digelar pada Desember 2023 namun dipercepat untuk menghindari tahapan Pemilu 2024, yakni kampanye yang dimulai 28 November 2023.

“Kita memang mempercepat satu bulan karena berkaca dengan momentum politik. Takutnya ini bertabrakan dengan masa kampanye nanti. Ketika dilakukan Desember, maka banyak aturan-aturan yang harus dilewati. Yah, banyak lah rambu-rambu yang harus dilalui,” ungkap Nurdin Halid.

Satu hal yang menarik dan akan tercatat dalam sejarah Mubes IKA UNM yang ke VIII tersebut yakni Ketua Umum DPP IKA UNM, Nurdin Halid menyambut baik gagasan dibentuknya IKA Muda UNM sebagai wadah khusus yang akan menjadi simpul bagi alumni muda, sebagai laboratorium kader dan ruang entrepreneurship bagi kader muda yang berhimpun didalamnya sehingga para alumni yang tergabung dalam IKA UNM memiliki manfaat sebagai bekal kehidupan di masa yang akan datang. 

Alumni Muda UNM disebutkan juga dapat memberi manfaat bagi pengurus IKA UNM dalam hal kerja-kerja program dan kegiatan. Dengan mendelegasikan tugas program dana atau kegiatan para Alumni Muda akan belajar perencanaan, konsep dan eksekusi program dana atau kegiatan.

Dengan kematangan dalam pendelegasian tugas, maka Alumni Muda UNM secara langsung telah belajar dan mempraktikkan kepemimpinan sehingga akan semakin banyak Alumni UNM yang matang dari aspek kepemimpinan dan keorganisasian baik itu pada lingkup IKA UNM maupun pada lingkup bangsa dan negara.

Sesuai pantauan tim media di lapangan, diketahui para pencetus dibentuknya Alumni Muda UNM tersebut diantaranya adalah Herianto Arruan (IKA UNM Makassar), Uthe Nurul Akbar (DPP IKA UNM), Atti’ Andi Bakhtiar (DPP IKA UNM), Eko Wahyudi (IKA UNM Makassar), Herman Syam (IKA UNM Makassar), Azis Nojeng (DPP IKA UNM), Suleman Badao (IKA UNM Enrekang) dan Jurais (IKA UNM Enrekang). 

Nurdin Halid yang juga merupakan Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar ini secara langsung memberi mandat kepada para pencetus tersebut diatas agar segera membentuk dan merangkum formatur kepengurusan untuk segera diserahkan ke Pengurus DPP IKA UNM.

Selain Mubes dipercepat , IKA UNM juga akan menggelar dua agenda penting lainnya yakni sarasehan nasional yang menghadirkan 2 calon presiden (capres) serta reuni akbar dalam bentuk jalan santai.(*)