Pimpin Misa Tutup Tahun, Mgr Fransiskus Nipa Ajak Umat Katolik Menempatkan Tuhan sebagai Pusat

Diterbitkan oleh Redaksi pada Senin, 1 Januari 2024 20:18 WIB dengan kategori Daerah Makassar dan sudah 371 kali ditampilkan

MAKASSAR - Sama seperti yang dilakukan umat Katolik lainnya di seluruh dunia, ratusan umat katolik Gereja Katedral Keuskupan Agung Makassar (KAMS) mengikuti Misa syukur tutup tahun 2023.

Mgr Fransiskus Nipa yang pimpin misa penutup tahun 2023 menyampaikan, jika hal itu berkenaan dengan pesta keluarga kudus Yesus Maria dan Yoseph. Sangat kebetulan, bahwa itu jatuh pada hari terakhir dalam tahun 2023.

Lebih jauh ia menjelaskan, jika melihat hal tersebut, hal ini bukan suatu yang kebetulan akan tetapi, ada pesan Tuhan untuk umat dan juga bagi masyarakat.

Dimana, dalam kehidupan berkeluarga (hidup berumah tangga) itu, banyak ujiannya. Nah, untuk perayaan hari ini, perayaan kristen dan keluarga kudus Yesus Maria dan Yoseph kiranya dapat memberikan pencerahan dan penguatan serta dalam menapaki tahun 2024 nanti.

"Pada intinya adalah menempatkan Tuhan sebagai pusat didalam kehidupan berkeluarga. Ketika kita menempatkan Tuhan sebagai pusat, maka masalah-masalah yang kita dihadapi baik dari segi relasi, masalah pekerjaan, masalah perekonomian, harusnya tetap menempatkan Tuhan sebagai pusatnya," ucap Mgr Fransiskus Nipa. Minggu, (31/12/2023).

Dikatakannya, jika menempatkan Tuhan sebagai pusat berarti bahwa Tuhanlah yang juga solusinya. Karena terkadang yang sering terjadi adalah egoisme, dan godaan duniawi itu begitu kuat, sehingga hal itu terkadang bergeser fokus mengalihkan pusat perhatian.

Untuk itu, dalam pesan khotbah yang dibawakan tadi, ia menggaris bawahi sekaligus mengajak umat, mari khususnya dalam menapaki tahun 2024 supaya didalam berkehidupan berkeluarga yang berbahagia maka, jadikanlah Tuhan sebagai pusat.

"Beberapa hal yang konkrit, yang disampaikan oleh rasul Paulus mungkin itu dapat berguna, yang saya garis bawahi adalah Mari, untuk kedepan kita tumbuh kembangkan semangat yakni, belas kasihan, kemurahan, kerelaan hati, kelemah lembutan, kesabaran. Nah ini adalah pekerjaan rumah kita, dalam rangka untuk memperkuat dalam berurusan dalam hidup berumah tangga, khususnya dalam menyongsong tahun baru 2024," tandasnya. (Codeth)