Tips Memilih Suplemen untuk Tubuh, Jangan Asal Beli!

Diterbitkan oleh Redaksi pada Kamis, 18 Januari 2024 11:21 WIB dengan kategori Headline Kesehatan dan sudah 380 kali ditampilkan

KESEHATAN - Dewasa ini, banyak orang memilih mengonsumsi suplemen untuk tingkatkan kesehatan tubuh. Terutama bagi yang memiliki segudang aktivitas, tambahan suplemen akan menjaga kebutuhan nutrisi tubuh. Bagi yang baru memilih suplemen, tentunya ada banyak sekali pertimbangan untuk memilih produknya.

Misalnya saja memilih produk dengan kandungan zat atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya saja saat kehamilan, Anda membutuhkan produk yang tawarkan tambahan asam folat seperti produk Blackmores I-Folic. Jenis nutrisinya tentu saja dipilih sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Tidak hanya memilih berdasarkan jenis nutrisi yang dibutuhkan saja, ada banyak tips yang bisa dilakukan supaya Anda dapatkan produk yang pas. Tipsnya seperti di bawah ini.

Konsultasi Dokter Dulu

Supaya mengetahui nutrisi apa yang kurang di dalam tubuh Anda, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Dengan melakukan konsultasi dokter, akan dapatkan informasi yang lebih valid. Jangan hanya menebak-nebak karena bisa jadi boomerang untuk kesehatan diri.

Namun tentunya, jika selama ini sudah diketahui suplemen tambahan yang diperlukan. Tinggal memilih produknya saja. Menariknya, sekarang ini juga sudah banyak sekali dokter yang bisa konsultasi secara online. Jadi Anda tidak perlu antri lama untuk sadar konsultasi saja. Bahkan booking konsultasi sudah bisa via online, lebih memudahkan tentunya.

Baca Produknya dengan Teliti

Setelah mengetahui jenis nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh, jangan ragu untuk membaca berbagai informasi di produknya. Baca dengan teliti tentang kegunaan, kontradiksi atau efek samping, aturan minum, dan lain sebagainya.

Jika malas berlama-lama membaca label di produk secara langsung, bisa cari informasinya di marketplace online. Misalnya saja seperti di Blibli, Anda akan dapatkan berbagai informasi mengenai produk dengan lengkap. Tidak hanya komposisinya saja, namun juga ukuran, bentuk suplemen, sampai dengan harganya.

Perhatikan Bahan Tambahan

Tips selanjutnya adalah jangan malas untuk membaca berbagai bahan tambahan di suplemen yang dipilih. Banyak sekali bahan tambahan yang terkandung di sebuah suplemen. Jangan sampai bahan tambahan tersebut memberikan dampak buruk kepada Anda jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Misalnya saja salah satu bahan tambahan yang ada di suplemen, seperti kolagen yang belakangan banyak diminati. Ada salah satu bahan tambahan seperti gula yang perlu diperhatikan. Pastikan kandungan bahan tambahan tersebut tidak berlebihan dan sesuai dengan standar. Jika berlebihan bisa memberikan efek samping yang menakutkan.

Sudah Terdaftar di BPOM

Memilih suplemen juga jangan hanya karena rekomendasi teman atau melihat di iklan, perlu juga diketahui apakah sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) atau belum. Mudahnya, sekarang banyak sekali cara mudah mencari tahu sebuah produk sudah BPOM atau belum. Bisa dilakukan cara manual atau yang lebih praktis secara online.

Dengan cara manual, biasanya BPOM sudah dicantumkan di produk. Namun dikhawatirkan, nomor BPOM bisa dipalsukan. Supaya lebih valid, Anda bisa mengeceknya secara online di situs resmi BPOM atau via aplikasi BPOM Mobile. Jika Anda seorang muslim, bisa ditambah dengan mengecek LPPOM MUI untuk melihat kehalalan produk tersebut.

Pilih Merek Terpercaya

Tips lainnya adalah memilih produk dari merek yang sudah terpercaya. Sudah banyak sekali direkomendasikan oleh para pakar. Teruji secara klinis dan tentu saja sudah berpengalaman. Seperti contohnya adalah berbagai suplemen yang ditawarkan oleh Blackmores yang bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan.

Blackmores sendiri ternyata merupakan produk suplemen asal Australia yang sudah dipercaya selama lebih dari 85 tahun. Berbagai produk suplemen sudah diproduksi oleh Blackmores sejak tahun 1930-an oleh Maurice Blackmores. Bahkan sampai sekarang menjadi produk suplemen urutan pertama di Australia.

Kualitas yang ditawarkan oleh Blackmores memang jempolan. Bagaimana tidak, merek inis sudah melalui berbagai uji klinis, menggunakan berbagai bahan alami, Quality Control yang baik, dan lain sebagainya. Bahkan, produk ini juga senantiasa menjaga kelestarian lingkungan dan telah mengantongi deretan penghargaan di bidang tersebut.

Pilihan produk suplemennya juga sangat banyak sekali. Ada yang diperuntukkan bagi ibu hamil dan menyusui, kesehatan jantung, support kondisi tubuh sehari-hari, bahkan sampai dengan kesehatan jantung. Produknya sendiri sudah lolos BPOM, teruji halal, dan gampang sekali ditemukan di Indonesia, salah satunya via marketplace Blibli.

Imbangi dengan Gaya Hidup Sehat

Selain memilih produk suplemen unggulan, tentu saja supaya manfaatnya bisa didapatkan secara maksimal, harus diimbangi dengan mulai menerapkan pola hidup yang sehat. Mulailah dengan memiliki jam tidur yang cukup, minum air yang cukup, makan makanan bergizi tinggi, sampai dengan melakukan olahraga secara teratur.

Anda juga bisa mengimbangi gaya hidup sehat dengan melakukan kontrol kesehatan secara rutin. Dengan melakukan cek kesehatan secara rutin, akan segera diketahui masalah yang terjadi. Semakin cepat diketahui berbagai masalah kesehatan yang terjadi, penangananya juga semakin cepat.

Mulai dari berkonsultasi kepada dokter, baca produknya dengan teliti, sampai dengan mengimbangi dengan gaya hidup sehat, itulah deretan tips pilih suplemen terbaik dan manfaatnya bisa bekerja secara maksimal. Bingung beli suplemen dimana? Tenang saja, ada Blibli yang bisa diandalkan untuk bantu jaga kesehatan Anda.